26 February 2021

Presiden Joko Widodo Lantik Tiga Pasang Gubernur dan Wakil Gubernur Terpilih Pilkada 2020 di Sumatera


JAKARTA (GemaMedianet.com)  Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara resmi melantik tiga pasang gubernur dan wakil gubernur di Sumatera masa jabatan
2021-2024.

Ketiga pasang gubernur dan wakil gubernur itu yakni Mahyeldi Ansharullah dan Audy Joinaldy sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Barat (Sumbar).

Kemudian Gubernur dan Wakil Gubernur Kepulauan Riau (Kepri) Ansar Ahmad-Marlin Agustus, serta Gubernur dan Wakil Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah dan Rosjhonsyah. 

Pelantikan dilakukan dengan pengambilan sumpah dan jabatan ketiga Gubernur dan Wakil Gubernur berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 40 Tahun 2021 itu dilangsungkan di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (25/2/2021). 

"Demi Allah saya bersumpah, bahwa saya akan memenuhi kewajiban sebagai gubernur, sebagai wakil gubernur, dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya," kata Presiden Jokowi diikuti oleh tiga pasang gubernur dan wakil gubernur. 

Pelaksanaan pelantikan juga digelar dengan protokol kesehatan yang ketat.

Seperti diketahui, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Barat sebelumnya telah menetapkan pasangan Mahyeldi dan Audy Joinaldy sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur terpilih.

Penetapan pasangan yang diusung Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dengan perolehan suara terbanyak di Pilkada Sumbar 2020 sebanyak 726.853 suara atau 32,43 persen itu dilakukan melalui rapat pleno terbuka, Jumat (19/2). 

Mahyeldi dan Audy unggul dari pasangan nomor urut 2 dari Partai Gerindra Nasrul Abit – Indra Catri yang memperoleh 679.069 suara.

Sementara Pilkada Kepri dimenangkan Ansar Ahmad-Marlin Agustina. Pasangan yang diusung Golkar, NasDem, PPP, dan PAN itu meraih 308.553 suara.

Sedangkan untuk Pilkada Bengkulu dimenangkan Rohidin Mersyah dan Rosjhonsyah. KPU setempat menetapkan Rohidin-Rosjhinsyah yang diusung PDIP, Golkar, PKS, Demokrat, dan PPP sebagai pemenang dengan perolehan suara 41,2 persen.

#Editor : Uki Ratlon

0 komentar:

Post a Comment

Advertisement

loading...


eqmap

POLDA SUMBAR

SUMATERA UTARA

Iklan

KOMUNITAS

HUMANITY

KULINER

PARIWISATA

MANCANEGARA

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

50

50

pdam

pdam

Terkini

108

108

Ekonomi Bisnis

IKLAN

IKLAN

HISTORIA

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

FACEBOOK - TWEETER

IKLAN

INFO GEMPA

IKLAN

Artikel

KARIR