22 January 2021

Tim Penilai Tinjau Inovasi Enam Dasawisma


PADANGPANJANG (GemaMedianet.com)  Enam kelompok Dasawisma yang mengikuti Lomba Dasawisma Tingkat Kota Padang Panjang, pada Senin (18/1/2021), dilakukan peninjauan lapangan oleh dewan juri, Selasa (19/1). Tim penilai ingin melihat langsung inovasi masing-masing kelompok untuk menentukan juara tingkat kota. 

Enam Dasawisma itu, diantaranya Dasawisma Selasih 8 RT 23 Kelurahan Kampung Manggis, Dasawisma Mary Gold II RT 12 Kelurahan Silaing Bawah, Dasawisma Anggrek Bulan I RT 8 Kelurahan Pasar Usang dari perwakilan Kecamatan Padang Panjang Barat (PPB). Untuk Kecamatan Padang Panjang Timur (PPT), diwakili Dasawisma Teratai I RT 18 Kelurahan Koto Panjang, Dasawisma Aster III RT 3 Kelurahan Ngalau dan Dasawisma Pisang Manih I RT 6 Kelurahan Ganting.

Dalam penilaian tersebut, Ketua TP-PKK Kota Padang Panjang, dr. Dian Puspita Fadly Amran, Sp.JP bertindak sebagai juri bersama Sekretaris, Aisyah dan Ketua Pokja III, Armentri. 

"Ada poin-poin yang menjadi penilaian, seperti adanya tanaman hias, tanaman obat keluarga (toga), pemanfaatan barang limbah serta lainnya," jelas Dian.

Beragam inovasi yang dihadirkan enam Dasawisma tersebut. Di Kampung Manggis, selain merajut, memanfaatkan pekarangan dengan toga, ada pula produksi olahan tempe dan nugget. Sementara di Kelurahan Silaing Bawah ada rajutan tas, budidaya lele serta makanan ringan sebagai cemilan berupa serundeng, keripik talas, serta risoles.

Di Kelurahan Pasar Usang, Dasawismanya memanfaatkan barang bekas sebagai tempat mencuci tangan dengan menggunakan sensor,  tempat pembuangan sampah, serta adanya rumah konsultasi wanita (Rukowa).

Sementara itu di Kelurahan Koto Panjang, ada budidaya ikan di ember, serta pemanfaatan barang bekas. Kelurahan Ngalau dengan inovasi pembibitan tanaman yang disalurkan kepada petani sekitar. Sedangkan Kelurahan Ganting melakukan budidaya lele serta pengolahan limbah rumah tangga.

Tim juri mengharapkan apa yang dilakukan para kader Dasawisma ini, tidak hanya terpaku untuk penilaian saja. Tetapi terus melakukan pengembangan, sehingga dapat menghasilkan nilai ekonomis bagi kelompok dan masyarakat sekitarnya. (Kominfo/cici)

0 komentar:

Post a Comment

Advertisement

loading...


eqmap

POLDA SUMBAR

SUMATERA UTARA

KOMUNITAS

HUMANITY

KULINER

PARIWISATA

MANCANEGARA

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN


TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views



Terkini





Ekonomi Bisnis



HISTORIA


IKLAN

IKLAN

Artikel



Adv

FACEBOOK - TWEETER

INFO GEMPA






KARIR