20 December 2020

Webinar Forum RI-Turki, Dorong Investasi Turki ke Nusa Tenggara Barat.


JAKARTA, 
(GemaMedianet.com
) — Kementerian Luar Negeri (Kemlu) kembali menyelenggarakan kegiatan webinar yang kali ini berupa Forum Investasi RI - Turki dengan tema “Mendorong Investasi Turki ke Nusa Tenggara Barat", di penghujung waktu perayaan ke-70 tahun hubungan diplomatik Indonesia-Turki, Kamis (17/12/2020).

Bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat (Pemprov NTB) dan KBRI Ankara. Tujuan utama kegiatan dalam dwibahasa ini adalah penyebarluasan informasi tentang keunggulan NTB sebagai salah satu destinasi investasi kepada para pengusaha Turki, sekaligus peningkatan pemahaman daerah tentang manfaat hubungan RI – Turki dan pandangan komunitas bisnis Turki yang diwakili oleh DEIK Turkey (Foreign Economic Relation Board of Turkey) terhadap potensi ekonomi NTB bagi investasi mereka.

Dalam sambutan pembukaan, Direktur Jenderal Amerika dan Eropa Kemlu RI Duta Besar Ngurah Swajaya menekankan, bahwa kegiatan ini didorong oleh semangat kemitraan yang tertuang dalam deklarasi bersama “Indonesia –Turkey: towards enhanced partnership in a new world setting" tahun 2011. 

Ia juga menekankan pentingnya kesiapan Indonesia dan daerah sehingga dapat ikut bersaing menarik investasi asing saat dunia memasuki paska pandemi pada periode pemulihan di tahun 2022. Dengan iklim bisnis yang ramah, khususnya keberadaan UU Cipta Kerja dan dukungan sumber daya manusia dan alam, stabilitas keamanan dan ekonomi yang baik. 

Direktur Jenderal Ngurah Swajaya optimis Indonesia dapat menggali lebih banyak kerja sama investasi dengan investor Turki. Saat ini, Indonesia masih mendapatkan kurang dari 1 persen dari total USD 45 Miliar FDI Turki. Namun, investasi Turki ke Indonesia di tahun 2019 mencapai peningkatan 433% sebesar USD 24,8 juta dari USD 4,5 juta di tahun 2018. Diharapkan bahwa dengan webinar ini pemangku kepentingan baik di Turki maupun di Indonesia dapat termotivasi untuk lebih memperkuat dan meningkatkan kerjasama investasi kedua negara.

Webinar terdiri dari Sesi I dengan topik “Arti penting investasi dalam penguatan hubungan RI – Turki", diisi dengan narasumber dari kalangan pemerintah yaitu Duta Besar Turki untuk Indonesia Prof.Dr.Mahmut Erol Kilic, Plt Direktur Eropa III Masni Eriza, dan Ferry Yung Arifin Staff Khusus Gubernur NTB untuk Investasi di Lombok dan Sumbawa.  

Sementara itu Sesi II “Peluang investasi Nusa Tenggara Barat dan strategi menarik investasi Turki" mengetengahkan pembicara Duta Besar RI untuk Turki Y.M Lalu Muhamad Iqbal, Acting Direktur Fasilitas Promosi Investasi Regional BKPM Saribua Siahaan, Ir. H. Muhammad Rum, MT Kepala Dinas Investasi dan Layanan Terpadu satu pintu Pemrov NTB, serta Geidimurat Annageldiyev dari Executive Committee of RI – Turkey Council DEIK Turkey.

Dari kedua sesi tersebut dan diskusi yang mengemuka, dapat ditarik kesimpulan bahwa salah satu kunci dalam peningkatan kerja sama investasi adalah pentingnya komunikasi antar kedua pihak dalam memperkenalkan potensi, infrastruktur serta regulasi terbaru yang dimiliki NTB, yang diimbangi dengan pemahaman akan minat/kepentingan calon investor. Pihak DEIK Turki berencana untuk melakukan komunikasi dengan BKPM dan mencatat undangan dari Pemerintah NTB untuk meninjau langsung lokasi yang potensial untuk investasi.

Perayaan 70 tahun hubungan diplomatik kedua negara dengan webinar ini, dan yang sebelumnya tentang revitalisasi hubungan RI – Turki, diharapkan dapat memberikan pemahaman kepada masyarakat luas tentang ikatan dan nilai sejarah yang ditinggalkan oleh dinamika hubungan kedua bangsa sejak abad 15. Hal ini juga dimaksudkan sebagai dorongan bagi generasi penerus untuk mengatasi tantangan dan mencari peluang di masa depan dengan memberikan bobot perhatian yang lebih besar serta memanfaatkan secara lebih efektif dan efisien hubungan bilateral RI–Turki tersebut bagi kemakmuran bersama kedua negara di era milenial ini.

Jalannya webinar tersebut dapat disaksikan lebih lanjut melalui ttps://www.youtube.com/watch?v=A7W2lt0TQ4Y, Sementara sejumlah materi paparan yang disampaikan pada kedua sesi webinar dapat diunduh di tautan https://drive.google.com/drive/folders/1TeLs-IEkMB2NHhTQqndbVX4sYPMjlhYE. (kemlu) 

0 komentar:

Post a Comment

Advertisement

loading...


eqmap

POLDA SUMBAR


SUMATERA UTARA

KOMUNITAS


HUMANITY

KULINER


PARIWISATA


MANCANEGARA



IKLAN

IKLAN

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views


Terkini


Ekonomi Bisnis



HISTORIA



Artikel


FACEBOOK - TWEETER

INFO GEMPA





Infrastruktur




IKLAN

IKLAN

Adv






KARIR