19 Desember 2020

Indonesia – Brasil Tingkatkan Kerjasama Dalam Forum Konsultasi Bilateral



JAKARTA, 
(GemaMedianet.com
)  Kerjasama Indonesia dan Brasil memasuki babak baru dalam hubungan kemitraan strategisnya. Melalui Forum Konsultasi Bilateral Ke-7 (16/12/2020). 

Indonesia dan Brasil sepakat untuk terus meningkatkan kerjasama perdagangan dan investasi kedua negara, kerjasama pertahanan serta isu-isu yang menjadi perhatian bersama, antara lain, dampak pandemi COVID-19 terhadap perekonomian global serta peran vital digital economy dan green economy (penurunan emisi gas rumah kaca dan ketergantungan bahan bakar fosil) di masa pandemi.

Pertemuan secara khusus mencatat sejumlah inisiatif yang perlu didorong kedua negara, salah satunya adalah reinvigorating Kemitraan Strategis RI – Brasil dengan menekankan pendekatan yang modern dan fleksibel dengan memetakan areas of interest danaspirational goals kedua negara.

Indonesia dan Brasil juga sepakat untuk menjajaki kerja sama di bidang biofuel, dimana Brasil merupakan produsen etanol terbesar kedua di dunia sementara Indonesia mengembangkan biodiesel dengan kelapa sawit.

Selain membahas isu-isu kerjasama bilateral, kedua negara juga membahas isu-isu regional dan global yang menjadi perhatian bersama, antara lain Outlook ASEAN mengenai Indo-Pasifik, perundingan perjanjian perdagangan Indonesia–MERCOSUR, Regional Comprehensive Economic Partnership (RCEP) dan Forum Bisnis Indonesia – Amerika Latin dan Karibia (INA-LAC).

Indonesia dan Brasil telah memiliki hubungan diplomatik sejak 1954. Brasil merupakan salah satu mitra ekonomi terpenting Indonesia di Amerika Latin. Kedua negara telah memiliki Kerja Sama Kemitraan Strategis sejak tahun 2009. (Kemlu)

#Editor : Uki Ratlon 

0 comments:

Posting Komentar

PRAKIRAAN CUACA

eqmap

SOLOK SELATAN


POLDA SUMBAR

iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

Iklan

Iklan

Terkini

Iklan

FACEBOOK - TWEETER

Iklan

BUMN

Iklan

REMAJA DAN PRESTASI

iklan