07 November 2020

Kemenkes Distribusikan Logistik Kesehatan Penanganan COVID-19 ke Seluruh Provinsi


JAKARTA, 
(GemaMedianet.com
) — Dalam rangka percepatan penanganan COVID-19, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) terus mendistribusikan logistik kesehatan untuk penanganan COVID-19 ke 34 provinsi di Indonesia.

Hal itu disampaikan oleh Sekretaris Jenderal Oscar Primadi di Kementerian Kesehatan, Jakarta, Kamis (5/11/2020). 

Oscar merinci, berdasarkan data yang dihimpun Pusat Krisis Kesehatan, per tanggal 4 November 2020, logistik kesehatan yang telah sampai ke daerah yaitu Alat Pelindung Diri (APD) sebanyak 4.638.071 pcs, Masker N95 sejumlah 5.509.760 pcs, dan masker bedah sebanyak 15.150.070 pcs.

''Hingga saat ini, bantuan sudah didistribusikan secara merata oleh Kementerian Kesehatan, didahului dengan kajian terkait jumlah kasus dan permintaan kebutuhan dari masing-masing provinsi, tujuannya agar distribusi tepat sasaran,'' kata Oscar.

Dari hasil kajian yang telah dilakukan, ditetapkan bahwa provinsi dengan penerima bantuan terbanyak adalah Provinsi DKI Jakarta. Hal ini dikarenakan provinsi dengan jumlah kasus COVID-19 terbanyak di Indonesia adalah DKI Jakarta, diikuti dengan Provinsi Jawa Timur, Jawa Barat dan Jawa Tengah.

Lebih lanjut Oscar, seluruh logistik kesehatan yakni APD, Masker N95 dan Masker Bedah didistribusikan melalui Dinas Kesehatan Provinsi. Untuk itu, bagi Rumah Sakit, Puskesmas maupun klinik yang membutuhkan dapat berkoordinasi dengan Dinkes Kab/Kota untuk selanjutnya diajukan ke Dinkes Provinsi sebagai titik penyaluran logistik kesehatan.

''Kami meminta kepada Rumah Sakit, puskesmas dan klinik yang membutuhkan masker maupun logistik kesehatan lainnya untuk segera berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan setempat,'' tuturnya.

Kendati telah mendistribusikan sejumlah logistik kesehatan, Oscar menekankan Kemenkes bersama Dinas Kesehatan Provinsi akan terus melakukan kajian kebutuhan logistik kesehatan agar pemenuhan kebutuhan logisitik kesehatan dapat terpenuhi dalam kaitannya dalam percepatan penanganan COVID-19.

#Editor : Uki Ratlon l BKPM Kemenkes RI 

0 comments:

Posting Komentar

PRAKIRAAN CUACA

eqmap

SOLOK SELATAN


POLDA SUMBAR

iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

Iklan

Iklan

Terkini

Iklan

FACEBOOK - TWEETER

Iklan

BUMN

Iklan

REMAJA DAN PRESTASI

iklan