13 September 2019

Ketua DPRD Pasaman Bustomi Kunjungi BLK Lubuksikaping, Dorong Pemkab Lakukan Revitalisasi


PASAMAN(GemaMedianet.com— Ketua DPRD Pasaman Bustomi, SE melakukan kunjungan kerja ke Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Balai Latihan Kerja (BLK) Lubuk Sikaping, Dinas Perdagangan, Industri dan Tenaga Kerja  (Perdaginnaker) Kab. Pasaman Jum'at (13/9/2019).

Di BLK Kab. Pasaman ada berbagai kejuruan, dan kejuruan yang dikunjungi antara lain kejuruan desain grafis, otomotif sepeda motor, teknisi AC, menjahit atau tata busana, teknisi kulkas, bordir, perakitan komputer, dan teknik lemari pendingin dan cabinet making.

Dikatakan Bustomi, kunjungan ke BLK Lubuk Sikaping ini menjadi penting, mengingat BLK sebagai pusat pelatihan tenaga kerja menjadi isu sentral pemerintah yang dikemas dalam konteks pengembangan SDM pada masa mendatang.

Bustomi menegaskan bahwa pemerintah terus meningkatkan pendidikan vokasional atau kejuruan sebagai langkah strategis untuk memenuhi kebutuhan sumber daya manusia (SDM) penopang pembangunan nasional.

"Kebutuhan tenaga-tenaga kerja yang terampil dan kompeten sesuai lapangan kerja yang tersedia menjadi sangat penting untuk dipenuhi Indonesia di tengah persaingan global," ujar Bustomi.

Sebagai ketua DPRD dan wakil rakyat yang menampung dan mewujudkan aspirasi rakyat, Bustomi menilai keberadaan BLK sebagai lembaga pelatihan milik pemerintah sangat representatif menjadi "skill centre" bagi generasi masa depan, para pengangguran dan yang putus sekolah di Pasaman.

Untuk itu ia harapkan, Pemkab Pasaman melalui BLK terus berjuang mencetak para generasi-generasi Pasaman agar kompeten dan siap menghadapi persaingan global dimasa mendatang.

Bustomi menambahkan pihaknya melalui legislatif yang memiliki fungsi perencanaan, penganggaran dan pengawasan akan turut serta berjuang meneruskan ke Pemkab Pasaman agar pemkab melakukan terobosan merevitalisasi BLK di Lubuk Sikaping.

Sebab menurutnya, gencarnya aktifitas pelatihan di BLK sebagai upaya menggenjot  peningkatan daya saing tenaga kerja sesuai program Pemerintah untuk terus menggenjot peningkatan kualitas SDM agar berdaya saing di pasar kerja.

Saat berdialog, Ketua DPRD Bustomi terkejut saat kepala Dinas Perdaginnaker Drs. M.N Susilo didampingi kepala BLK Lubuk Sikaping Haryadi dan Kabid Tenaga Kerja M. Yasrin Saputra di Workshop BLK menceritakan, bahwa gedung Workshop BLK sudah berumur 32 Tahun dengan nama Kursus Latihan Kerja (KLK) pada awalnya dan belum pernah direhab sama sekali.

"Workshop pelatihan keterampilan BLK Lubuksikaping ini dibangun tahun 1984, dan diresmikan pemakaiannya kemudian pada tahun 1987 yang lalu," kata M.N Susilo.

Susilo menegaskan, bahwa ia bangga dengan kunjungan ketua DPRD Pasaman tersebut.

"Saya bangga, ketua dewan datang langsung melihat pelatihan yang diikuti masyarakat di sini. Dengan demikian ketua Dewan tahu secara persis bagaimana BLK dalam mencetak orang orang yang terampil," sebut Susilo.

Menyinggung kondisi tempat karena bangunan lama dan sudah puluhan tahun serta adanya sejumlah peralatan di BLK yang perlu di-upgrade, sesuai harapan Susilo, Kepala UPT BLK Lubuk Sikaping, Haryadi juga berterimakasih atas kedatangan ketua DPRD. Dengan kunjungan ketua DPRD ini Haryadi berharap ada perbaikan terus menerus yang dilakukan di BLK untuk lebih baik lagi di masa mendatang.

Haryadi juga berharap, agar DPRD ke depan mau dan fokus memperbaiki sarana dan prasarana BLK Lubuk Sikaping, sebab menurutnya sarana dan peralatan BLK memang perlu di-upgrade agar bisa mengikuti teknologi di pasar kerja dan lulusan BLK mampu bersaing.(Noel)

0 comments:

Posting Komentar

PRAKIRAAN CUACA

eqmap

SOLOK SELATAN


POLDA SUMBAR

iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

Iklan

Iklan

Terkini

Iklan

FACEBOOK - TWEETER

Iklan

BUMN

Iklan

REMAJA DAN PRESTASI

iklan