05 Juli 2019

Jelang Keberangkatan ke Tanah Suci, 303 CJH Pasaman Ikuti Bimbingan Manasik Haji


PASAMAN(GemaMedianet.com— Hanya dalam hitungan hari calon jemaah haji (CJH) Kabupaten Pasaman akan berangkat menunaikan ibadah haji ke tanah suci.

Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU), Edy Ridwan menerangkan, CJH Pasaman akan berangkat bersama kelompok terbang (kloter) V bersama CJH asal Pesisir Selatan, dan meninggalkan tanah air pada tanggal 10 Juli mendatang.

Edy mengatakan, sebagai langkah pemantapan sekaligus bentuk tanggung jawab pemerintah di bidang layanan haji seperti yang diamanahkan dalam Undang Undang Nomor 13 Tahun 2008 pihaknya menggelar bimbingan manasik kabupaten selama dua hari (5-6/7) di gedung Kogsda Lubuk Sikaping. 

“Manasik diikuti sebanyak 303 CJH,” ungkap Kasi PHU saat acara pembukaan manasik yang diresmikan oleh Bupati Pasaman, Jum'at (5/7/2019).

Pada kesempatan yang sama, Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakan Kemenag) Kabupaten Pasaman, Dedi Wandra meminta keseriusan CJH dalam mengikuti bimbingan yang juga dimantapkan oleh Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Sumatera Barat yang diwakili Kabid Urais, Binsyar Syamsuir serta pembimbing-pembimbing berkompeten lainnya.

Dedi mengatakan, manasik sangat penting guna memantapkan diri jemaah dalam menjalankan ibadah haji di tanah suci nantinya serta menunjang kesuksesan dan meraih kemabruran.

Dalam pesannya, Dedi mengingatkan tuga ratusan jemaah selalu menjaga kesehatan jasmani, rohani, kedisiplinan, pola makan serta meningkatkan kualitas ibadahnya kepada Allah SWT.

Kakan Kemenag Pasaman juga menginformasikan, sebenarnya tahun ini jumlah CJH sebanyak 312 orang, tetapi Sembilan orang batal berangkat disebabkan dua orang  telah meninggal dunia, lima orang mengundurkan diri dan dua lagi mutasi keberangkatan.

Sementara, Bupati Pasaman yang diwakili Asisten Setdakab Ashari berpesan CJH Pasaman tidak menyia-nyiakan kesempatan untuk beribadah haji dengan bersungguh-sungguh mengikuti manasik yang sarat dengan ilmu perhajian yang digelar Kemenag Pasaman ini.

Disampaikannya, Bupati bahagia dengan kesempatan yang diperoleh 303 masyarakat Pasaman terpanggil sebagai tamu Allah pada tahun ini yang termasuk di dalamnya ada 101 PNS, baik di lingkungan pemerintah daerah maupun Kemenag Pasaman.

Dinilainya, suksesnya meraih haji mabrur akan menunjang terwujudnya visi pemerintah daerah yakni masyarakat yang sejahtera, agamis dan berbudaya.

Kabid Urais Kemenag Pasaman, Binsyar yang hadir memberikan bimbingan menjelaskan kepada CJH Pasaman yang berangkat pada gelombang pertama tentang kondisi dan tahapan-tahapan yang akan dilalui saat perjalanan haji nantinya.(Noel)

0 comments:

Posting Komentar

PRAKIRAAN CUACA

eqmap

SOLOK SELATAN

Iklan


POLDA SUMBAR

iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

Iklan

Iklan

Terkini

FACEBOOK - TWEETER

Iklan

BUMN

Iklan

REMAJA DAN PRESTASI

iklan