19 Januari 2019

Lantik Tagana, Walikota Mahyeldi : Harus Siap Hadapi Kondisi Paling Ringan dan Terburuk


PADANG(GemaMedianet.com— Pengurus Forum Koordinasi Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kota Padang periode 2017-2020 dilantik Walikota Padang H. Mahyeldi Ansharullah Dt Marajo, Sabtu (19/1/2019).

Pada kesempatan itu Walikota berharap seluruh Tagana mampu tahan banting dalam bertugas, di Palanta. "Tagana harus tahan 'batanggang' (begadang), tahan panas, tahan dingin," kata Mahyeldi saat memberi sambutan di Palanta kediamannya. 

Walikota mengatakan, selaku relawan penanggulangan bencana, Tagana diminta siap menghadapi kondisi yang paling ringan hingga kondisi terburuk menghadapi bencana. Tagana dibentuk untuk mendayagunakan dan memberdayakan generasi muda dalam penanggulangan bencana. 

"Tagana membantu pemerintah dalam penanggulangan bencana, baik sebelum, saat, dan sesudah terjadinya bencana," ungkap Mahyeldi. 

Diakui Mahyeldi, Padang termasuk daerah potensi bencana. Karena itu, keberadaan Tagana cukup tepat sebagai relawan penanggulangan bencana. 

"Dalam sisi keagamaan, Tagana melaksanakan syariat Islam, karena siap siaga itu sunnah dan syariah," terang Mahyeldi. 

Cukup banyak tugas fungsi Tagana dalam bekerja, seperti melaksanakan pemetaan dan pendataan daerah rawan bencana, melaksanakan kegiatan pengurangan risiko bencana di lokasi rawan bencana, termasuk melaksanakan upaya-upaya pemulihan sosial korban bencana. 

"Tagana juga bekerja mengidentifikasi dan mendata korban bencana, serta identifikasi kerugian material pada korban bencana, dan lainnya," ucap Mahyeldi. (yz)

0 comments:

Posting Komentar

PRAKIRAAN CUACA

eqmap

SOLOK SELATAN


POLDA SUMBAR

iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

Iklan

Iklan

Terkini

Iklan

FACEBOOK - TWEETER

Iklan

BUMN

Iklan

REMAJA DAN PRESTASI

iklan