08 Agustus 2018

Berperan Tingkatkan Perekonomian Masyarakat, LPN Diharapkan Kembali Hidup di Nagari-nagari


PADANG, (GemaMedianet.com)– Walikota Padang Mahyeldi apresiasi keberadaan Lumbung Pitih Nagari (LPN) di Limau Manis, Kecamatan Pauh Kota Padang sebagai salah satu LPN yang tidak berubah status menjadi Bank Perkreditan Rakyat (BPR) sesuai amanat UU No.10 Tahun 1998. Hal ini karena ketidakmampuan modal awal yang saat itu mengharuskan punya setoran modal sebanyak 500 juta.

"Namun hal ini justru berbuah baik karena dari sekian banyak LPN, LPN limau manis satu-satunya yang masih eksis," ucap wako mengapresiasi dalam sambutannya pada peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-30 tahun bagi LPN Limau Manis, Senin (6/8/2018).

Seperti diketahui, dalam perjalanannya, pengurus LPN Limau Manis berhasil menguatkan lembaga ini dengan mengambil peran meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar.

"Hal ini luar biasa, karena dapat dilihat dari aset yang terus meningkat mencapai Rp17 Miliar sampai saat ini. Belum lagi jumlah penyaluran kredit kepada masyarakat yang mencapai miliaran rupiah," sebutnya.

Mahyeldi juga mengatakan, sejatinya pemerintah dan masyarakat memang harus menguatkan dan mengembangkan LPN ke arah yang lebih baik. Menguatkan dalam artian, adanya regulasi lebih kuat dalam menopang keberadaan LPN yang pada awalnya dibentuk melalui Perda No.1 Tahun 1982.

"Meski aturan itu sudah direvisi beberapa kali. Namun dalam mengembangkan program yang akan menguatkan cita rasa, lembaga ini diharapkan bisa berada dalam naungan hukum adat Minangkabau dengan falsafah Adat basandi syara', Syara' basandi kitabullah (ABS-SBK). Semoga ke depan akan ada LPN Syariah di Kota Padang," imbuhnya.

Oleh karena itu, Walikota Padang yakin LPN bisa menjadi model bagi nagari-nagari lainnya dalam memberdayakan masyarakat sebagai lembaga keuangan mikro. Keberadaannya diakui negara di bawah hukum adat sesuai Undang Undang No.1 Tahun 2013.

"Jadi, LPN ini harus hidup kembali di nagari-nagari yang ada. Untuk menambah kepercayaan masyarakat, dengan banyaknya jumlah LPN maka kita dorong kelak ada asosiasi LPN yang berfungsi sebagai penjamin simpanan. Karena LPN tidak berada di bawah Lembaga Penjamin Simpanan (LPS)," harapnya.

Hal ini seperti yang dilakukan oleh Lembaga Pengkreditan Desa (LPD) di Bali yang sudah berkembang pesat. Padahal dulu LPD tersebut yang belajar ke LPN di Padang. "Untuk itu atas nama Pemerintah Kota Padang, kita mengucapkan selamat HUT ke-30 bagi LPN Limau Manis, semoga semakin jaya dan sukses lagi ke depan," tandas wako sembari mengapresiasi segenap pengurus LPN. (David/rel)

0 comments:

Posting Komentar

PRAKIRAAN CUACA

eqmap

SOLOK SELATAN

Iklan


POLDA SUMBAR

iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

Iklan

Iklan

Terkini

FACEBOOK - TWEETER

Iklan

BUMN

Iklan

REMAJA DAN PRESTASI

iklan