10 Maret 2024

Pasca Banjir dan Tanah Longsor, Novermal : Nagari Barung-Barung Belantai dan Duku Utara Perlu Perhatian Khusus


PESSEL, (GemaMedianet.com) I Curah hujan dengan intensitas yang tinggi melanda Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat (Sumbar) mengakibatkan terjadinya bencana alam, banjir dan tanah longsor.

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Novermal dari Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) Kabupaten Pesisir Selatan, Minggu (10/3/2024) bahwa bencana yang terjadi saat ini memang sangat luar biasa.

Bencana alam tersebut juga mengakibatkan terputusnya beberapa akses jalan raya, baik jalan nasional maupun jalan kabupaten di berbagai tempat di Kabupaten Pesisir Selatan.

"Yang sangat terdampak cukup parah yaitu Nagari Barung Belantai dan Duku Utara, daerah ini perlu perhatian khusus. Sebab Kondisinya cukup parah," ujarnya.

BACA JUGA : Bencana Alam Menerjang, Pesisir Selatan Berduka

Beberapa titik longsor nampak di daerah itu, materialnya cukup tebal menimbun badan jalan nasional Padang - Painan, dan menimbun rumah serta mobil di sekitaran jalan tersebut.

Selain itu katanya, ada daerah yang terisolir akibat bencana tersebut disebabkan jembatan menuju kampung itu terputus.

"Di dalam ada permukiman warga yang kondisinya cukup parah akibat bencana itu, akses kesana juga sulit disebabkan jembatan menuju daerah itu terputus, " terangnya.

Sementara itu, Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) melalui instansi terkait telah melakukan tindakan sigap untuk membantu masyarakat, baik melalui penanganan langsung, serta pendataan awal yang disampaikan secara intensif.

Beberapa langkah secara kontinu dilakukan, diantaranya Dinas PUTR, PerkimtanLH, Dikbud, Pertanian, Kesehatan, Perikanan dan Pangan, Sosial PPrPA, Perhubungan untuk bertindak sigap menugaskan personel ke lapangan.

Salah satu yang urgen seperti mendata dan mendokumentasikan (foto dan video) infrastruktur dan kerugian aset milik Pemerintah dan harta benda milik masyarakat yang terdampak banjir dan tanah longsor tersebut. 

(Don)

0 comments:

Posting Komentar

PRAKIRAAN CUACA

eqmap

SOLOK SELATAN

Iklan


POLDA SUMBAR

iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

Iklan

Iklan

Terkini

FACEBOOK - TWEETER

Iklan

BUMN

Iklan

REMAJA DAN PRESTASI

iklan