04 September 2022

Ipda Suhartono Akhirnya Diperiksa Propam Polri Usai Videonya Viral Menyuruh Wartawan Berbicara Dengan Pohon



JAKARTA, (GemaMedianet.com| Seorang oknum polisi yang menyuruh seorang wartawan wanita berbicara dengan pohon, akhirnya diperiksa Propam Polri. Sang oknum polisi tersebut merupakan anggota Polsek Kembangan bernama Ipda Suhartono. 

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Endra Zulpan mengatakan, pemeriksaan terhadap Suhartono itu merupakan buntut tindakannya yang menyuruh seorang jurnalis wanita berbicara dengan pohon. 

"Sudah diperiksa Propam," katanya saat dikonfirmasi awak media, Jakarta, Jumat (2/9/2022). 

Zulpan menjelaskan, aksi Ipda Suhartono yang sempat viral pada sejumlah akun instagram itu dinilai tak laik untuk dilakukan seorang anggota Polri. 

Pasalnya, kata Zulpan, hal tersebut bertengan dengan arahan Kapolda Metro Jaya, Irjen Fadil Imran yang meminta anggotanya untuk dapat melayani masyarakat dengan baik. 

"Jadi, ini tidak perlu ditiru dan Polda Metro Jaya menyesalkan ada tindakan anggota yang seperti itu. Ini bertentangan dengan apa yang diarahkan Bapak Kapolda selama agar kita dekat dengan masyarakat dan media untuk menyampaikan informasi. Tapi ini hal sebaliknya yang dilakukan oleh Ipda Suhartono," ujarnya.

Sementara itu, Zulpan belum dapat memastikan hasil pemeriksaan terhadap Ipda Suhartono.  Menurutnya pihaknya masih menunggu hasil pemeriksaan Propam Polri terkait tindakannya Ipda Suhartono itu. 

"Tentunya tindakan tegas akan diberikan kepada yang bersangkutan sesuai dengan peraturan yang ada di kepolisian yang bersifat disiplin maupun etik," ungkapnya. 

Diberitakan sebelumnya, sebuah video viral pada sejumlah akun instagram yang merekam seorang yang diduga anggota penyidik Polsek Kembangan menyuruh seorang jurnalis wanita untuk mewawancarai pohon. 

Pengunggah video tersebut diantaranya akun instagram @sunankalijaga_sh dengan memperlihatkan rekaman seorang oknum anggota Polsek Kembangan mengenakan kemeja putih sedang dimintai keterangan oleh seorang jurnalis media mainstream. 

Diketahui, jurnalis wanita tersebut mencoba mengkonfirmasi perihal tak ditahannya tersangka kasus dugaan kasus kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) yang dialami seorang ibu di Kembangan, Jakarta Barat.  Namun, seketika oknum anggota polisi itu menyuruh jurnalis wanita tersebut untuk mewawancarai dan berbicara dengan pohon. 

"Kamu tunggu dulu, kamu bicara sama pohon dulu ya," kata anggota tersebut kepada jurnalis yang saat itu tengah meliput dari rekaman video yang beredar. 

Lantas saat seruan itu dilontarkan oknum anggota Polsek Kembangan, sang jurnalis wanita itu turut serta mempertanyakan hal tersebut.  Namun, sang anggota itu enggan menjawab pertanyaan dari jurnalis wanita tersebut dan lekas pergi meninggalkannya.  "Kenapa gitu pak? Kok kami disuruh bicara sama pohon?," ucapnya.

Menanggapi hal tersebut, Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Barat, AKBP Joko Dwi Harsono mengatakan, pihaknya akan melakukan klarifikasi kepada anggota polisi terkait insiden tersebut.  Langkah tersebut guna memastikan dugaan adanya pelanggaran yang dilakukan oleh oknum anggota Polsek Kembangan. 

"Kita klarifikasi kepada yang bersangkutan, bagaimana peristiwa sebenarnya. Kalau ada kesalahan dari pihak personel, nanti kita akan beri peringatan atau pun sanksi," kata Joko kepada awak media, Jakarta, Rabu (31/8/2022).

Sementara itu, Joko turut serta meminta agar semua pihak untuk tidak terprovokasi atas video yang telah kadung viral di jagat maya tersebut.

"Nanti kita akan klarifikasi dulu biar jelas peristiwa seperti apa. Saya minta semua pihak saling mengademkan agar peristiwa tidak berlarut-larut," pungkasnya.

(raa/mut) 

Sumber : tvonenews


0 comments:

Posting Komentar

Advertisement

loading...


eqmap

SUMATERA UTARA

JMSI

JMSI

Anggota DPD RI DR Alirman Sori

Anggota DPD RI DR Alirman Sori

POLDA SUMBAR

KOMUNITAS

KULINER

MENTAWAI

MANCANEGARA


Remaja dan Prestasi

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views



Terkini


Rantau


HISTORIA


FACEBOOK - TWEETER


Artikel


BUMN


Khazanah



Adv

KARIR