24 Mei 2022

Irwan Basir Hadiri Acara Halal Bi Halal Surau Kariang Sungai Sapih, Ini Pesan-pesannya



PADANG, (GemaMedianet.com) | Halal Bi Halal bisa meningkatkan ukhuwah Islamiyah diantara sesama umat muslim untuk membangun jembatan hati antar sesama, meningkatkan silaturahmi masyarakat agar saciok bak ayam, sadanciang bak basi dan saling bekerjasama untuk kepentingan bersama.

Hal itu disampaikan oleh Ketua DPD LPM Kota Padang Irwan Basir Dt. Rajo Alam, SH, MM saat menghadiri acara Halal Bi Halal di Surau Kariang Kelurahan Sungai Sapih Kecamatan Kuranji Kota Padang, Minggu, (22/5/2022).

Lebih lanjut dikatakan, pada dasarnya orang mukmin itu adalah bersaudara. Innamal mukminun na ikhwa. Sesungguhnya orang mukmin itu bersaudara.

"Kita ketahui, sekarang, kehidupan masyarakat kita sudah heterogen dan bukan hemogen lagi. Banyak orang datang dari daerah lain dan tinggal di daerah kita. Mereka yang sudah menjadi warga kita di sini adalah saudara kita. Hidup dan bermasyarakat dengan kita. Keheterogenan ini akan membawa dampak positif bagi perkembangan masyarakat kita untuk sebuah kemajuan," ucap Irwan Basir.

Disamping itu, Irwan Basir yang juga Ketua MPA KAN Pauh IX ini juga mengatakan, dengan kegiatan halal bihalal ini bisa meningkatkan hidup banagari yang tumbuh dari bawah. Contohnya saat ini, dengan keberadaan Surau Kariang ini juga bisa manampung warga yang ada di lingkungan komplek, sehingga bisa membaur dengan masyarakat sekitar.

"Artinya, warga komplek atau perumahan bisa berbaur dengan masyarakat sekitar. Saudara ditinggal saudara dicari. Ninik mamak ditinggal ninik mamak dicari. Di Minang dikenal dengan istilah, Dima aie disauk, di sinan rantiang dipatah, artinya dimaa bumi dipijak, di sinan langik dijunjuang. Inggok mancakam, tabang batumpua," ujar Irwan lagi.

Kemudian, dalam bermasyarakat tidak bisa hidup sendirian, tentu butuh orang lain. Orang Minang mengenal istilah duduk surang basampik sampik, duduk basamo balapang lapang. Yang artinya dibutuhkan kebersamaan.

"Jika kita saling berkoordinasi, berkomunikasi dan mendahulukan kepentingan bersama daripada kepentingan pribadi, maka akan tercipta kehidupan masyarakat yang aman dan tentram yang jauh dari perselisihan. Untuk itu mari jadikan momen halal bi halal ini untuk kembali mempererat hubungan silaturahmi, khususnya masyarakat di sekitar Surau Kariang ini," ungkap Penghulu Suku Jambak nan Batujuah ini.

Pada kesempatan itu, Irwan Basir juga membantu pembangunan Surau Kariang ini dengan menyumbang 50 zak semen. Sumbangan itu diterima oleh Ketua Pengurus Iswandi Mukhtar.

Hadir dalam acara halal bi halal ini tokoh masyarakat Ir. H. Jhonny Halim, berapa orang ulama, pengurus masjid dan mushalla se-kelurahan Sungai Sapih, dan tokoh masyarakat lainnya. Acara halal ini juga diisi dengan siraman rohani yang disampaikan Ustadz Prof Jufrizal Munir.

#Editor : Uki Ratlon

0 comments:

Posting Komentar

PRAKIRAAN CUACA

eqmap

SOLOK SELATAN


POLDA SUMBAR

iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

Iklan

Iklan

Terkini

Iklan

FACEBOOK - TWEETER

Iklan

BUMN

Iklan

REMAJA DAN PRESTASI

iklan