14 September 2021

Giliran Angkatan IV Bimtek Jitu Pasna BPBD Sumbar Dibuka di Batusangkar




BATUSANGKAR, (GemaMedianet.com| Setelah menyelesaikan Angkatan I hingga Angkatan III Bimbingan Teknis (Bimtek) Hitungan Cepat Pengkajian Kebutuhan Pasca Bencana (Jitu Pasna), BPBD Provinsi Sumatera Barat kembali menggelar angkatan berikutnya di Batusangkar, Senin (13/9/2021).

Bimtek Jitu Pasna Angkatan IV kali ini dilaksanakan di Emersia Hotel Batusangkar, Kabupaten Tanahdatar selama empat hari, 13-16 September 2021.

Bimtek dibuka Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Sumbar Erman Rahman diwakili oleh Kepala Bidang Rehabilitasi dan Rekonstruksi BPBD Sumbar, Suryadi Efiyondri. 

Kalaksa BPBD Sumbar dalam sambutan menyampaikan, Sumbar harus menerima dengan keadaan, karena setiap daerah di Sumatera Barat merupakan daerah yang termasuk rawan bencana. Oleh karena itu pelatihan ini digelar untuk meningkatkan kapasitas Relawan dalam rangka mengurangi resiko bencana terjadi.

"Sumbar harus siap dengan ancaman kemungkinan bencana yang akan terjadi sewaktu-waktu. Kendati demikian, kita juga tidak boleh pasrah akan hal itu,” ungkap Suryadi.

Dia menyebut, setiap warga masyarakat harus selalu siap untuk menghadapi bencana, maka dari itu BPBD Sumbar akan terus melakukan pelatihan dan mitigasi kepada masyarakat.

Dikatakan, melalui Bimtek akan diberikan pembelajaran untuk mengkaji pemulihan pasca bencana dalam kerangka Manajemen Penanggulangan Bencana. Dengan demikian
peserta pelatihan dapat meningkatkan kapasitasnya dalam rangka mengurangi resiko bencana terjadi.

“Tujuan adalah memberikan gambaran dalam hitung cepat baik dalam kerusakan, kerugian akibat pasca bencana, dengan samakan persepsi pengkajian pasca bencana” tukas Suryadi yang disapa Pak Os ini.

Sementara Anggota DPRD Sumbar dari Komisi IV Desrio Putra menghimbau kepada peserta pelatihan untuk bersungguh- sungguh dan harus serius mengikuti materi yang diberikan oleh instruktur. 

Dia menegaskan, pelatihan materi yang diberikan sangatlah penting untuk para relawan dalam menghadapi ancaman bencana.

Tak lupa, Desrio juga menyemangati para relawan muda yang hadir untuk bisa benar-benar mengerti dan bertanggung jawab terhadap pelatihan, sehingga dapat mengaplikasikan apa yang didapat selama pelatihan suatu kelak di lapangan.

Menandai pembukaan bimtek Angkatan IV, Anggota DPRD Sumbar Desrio Putra berkesempatan memasangkan secara simbolis tanda kepesertaan bimtek bagi beberapa perwakilan peserta. 

Bimtek dengan mematuhi Protokol kesehatan tersebut dihadiri Pusdiklat BNPB Pusat dan diikuti Jurnalis dan mahasiswa, perangkat nagari, dan lurah. (r)

#Editor : Uki Ratlon

0 komentar:

Post a Comment

Advertisement

loading...


eqmap

POLDA SUMBAR


SUMATERA UTARA

KOMUNITAS


HUMANITY

KULINER


MENTAWAI


MANCANEGARA



IKLAN

IKLAN



TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views


Terkini



Pariaman



HISTORIA

FACEBOOK - TWEETER



Artikel


INFO GEMPA





BUMD




IKLAN

IKLAN

Adv


KARIR