05 September 2021

Aksi Hijau Pemuda-Pemudi RT05 Gunung Sarik Diapresiasi Anggota DPRD Jafar



PADANG, (GemaMedianet.comIkatan Pemuda-Pemudi RT.05 Kampung Baru Gunung Sarik, Kecamatan Kuranji Kota Padang menggelar gerakan sosial aksi hijau cinta lingkungan bertemakan “Selamatkan bumi di masa pandemi” yang dipusatkan di RT.05 selama dua hari, Sabtu Minggu (4-5/9/2021). 

Kegiatan aksi hijau gerakan cinta lingkungan ini diawali dengan acara audiensi bersama Anggota DPRD Kota Padang, Ja’far, S.Hi Rajo Bungsu yang juga merupakan Petani Muda Milineal dan mempunyai program semangat menanam satu juta tanaman produktif di Kota Padang.

Ja’far mengatakan, alam takambang jadi guru, ini bukanlah sekedar pepatah tapi fakta yang sesungguhnya. Alam telah memberikan apa yang kita butuhkan sebelum kita minta, alam telah memberikan kehidupan kepada kita.

"Ini lokasi ke lima semangat menanam satu juta tanaman produktif di Kota Padang. Mudah-mudahan berbuah lebat dan bisa menekan debit air, sehingga dapat mengurangi banjir di RT.05 Kampung Baru Gunung Sarik," ungkapnya.

Ja'far bersama Pemuda-Pemudi Kampung Baru Gunung Sarik berkolaborasi melakukan aksi hijau gerakan cinta lingkungan. Semangat menanam satu juta tanaman produktif dengan tema “Selamatkan bumi di masa pandemi” untuk menjaga hijaunya alam, karena kalau kita cinta dan bersahabat dengan alam maka alam pun akan bersahabat dan cinta dengan kita.

Lurah Gunung Sarik, Zahardi, S.Sos juga mengapresiasi aksi sosial yang digelar pemuda-pemudi RT.05. Ia berharap kegiatan ini bisa ditiru RT lain, sehingga berdampak positif bagi masyarakat banyak.

"Mudah-mudahan gerakan ini dapat memotivasi tempat lain terutama di Kelurahan Gunung Sarik. Selain itu aksi hijau ini juga langkah panjang dalam penanggulangan banjir, karena akar pinang ini bisa menyerap air dalam tanah dan bisa mengurangi resiko banjir," imbuh nya.

Sementara itu, pelopor yang memotori acara Hanny Tanjung didampingi Desi Mutia yang juga merupakan Ketua Pemuda-Pemudi RT.05 mengatakan, aksi hijau melakukan penanaman pohon produktif ini dalam rangka mendorong masyarakat cinta terhadap lingkungan hidup.

Melalui Aksi Hijau di RT 05 Kampung Baru Gunung Sarik mudah-mudahan bisa memotivasi masyarakat lainnya untuk menjaga kebersihan lingkungan serta menjadikan lingkungan sebagai milik bersama.

"Sebab di RT 5 ini sering terjadi banjir, irigasi belum ada. Maka ditanam pohon pinang super batara mudah-mudahan bisa menyerap air hujan dan mengurangi resiko banjir ke depan," harapnya.

Aksi hijau ini difasilitasi puluhan bibit Pinang Super Batara oleh Ja’far, S.Hi Rajo Bungsu. Bibit tanaman tersebut ditanam Sabtu-Minggu (4-5/9) oleh pemuda-pemudi RT5 di sepanjang jalan Kampung Baru.

Selain penanaman pohon tampak antusias warga menyampaikan aspirasi saat audiensi bersama Anggota DPRD dari Komisi I ini. Diantaranya mengenai irigasi pertanian, bank sampah, dan penghijauan yang langsung direspon oleh Lurah Gunung Sarik, Zahardi.

Jaf'far pun tak lupa memberikan semangat dan apresiasi kepada pemuda-pemudi RT.05. Ia juga memberikan kiat sukses menjadi petani muda milineal. Baginya, semua bisa dijadikan bisnis dan sampah pun bisa bernilai uang. (Ha)

0 komentar:

Post a Comment

Advertisement

loading...


eqmap

POLDA SUMBAR


SUMATERA UTARA

KOMUNITAS


HUMANITY

KULINER


PARIWISATA


MANCANEGARA



IKLAN

IKLAN

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views


Terkini


Ekonomi Bisnis



HISTORIA



Artikel


FACEBOOK - TWEETER

INFO GEMPA





Infrastruktur




IKLAN

IKLAN

Adv






KARIR