29 March 2020

Mastilizal Aye Dukung Himbauan Perantau Tidak Pulang Kampung, Cegah Covid-19 Ini Solusinya


PADANG, (GemaMedianet.com— Himbauan Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno untuk menunda balik kampung kepada seluruh perantau hingga batas waktu tertentu mendapat perhatian dari Anggota DPRD Kota Padang, Mastilizal Aye.

"Perlu kita menyikapi himbauan Gubernur Sumbar tersebut, agar saudara-saudara kita yang berada di rantau untuk sementara tidak pulang kampung. Begitu juga sebaliknya, kita-kita yang ada di kampung tidak pergi keluar kampung atau pergi ke rantau," ujar Ketua Fraksi Gerindra DPRD Kota Padang ini, Sabtu (28/3/2020).

Meski demikian, sebut Anggota Komisi IV DPRD Kota Padang ini, dirinya tidak menampik jika masih ada para perantau yang berkeinginan pulang. Oleh karena itu perlu ada solusi, sehingga tidak menjadi pelaku perjalanan dari daerah terjangkit.

Menurutnya, solusinya adalah bagi perantau yang masih juga ingin pulang ke kampung halaman dari rantau, agar memeriksakan kesehatannya terlebih dahulu, dan membawa surat keterangan kesehatan tidak terpapar Covid-19 dari dinas kesehatan setempat.

"Surat keterangan kesehatan bisa didapatkan 14 hari setelah melakukan pemeriksaan," ujarnya.

Selanjutnya, perantau yang tetap ingin pulang, namun tidak membawa surat keterangan kesehatan, petugas di posko perbatasan untuk memberhentikan kenderaan  dengan memeriksa kesehatannya.

"Dilakukan isolasi 14 hari di daerah perbatasan, dengan menyediakan camp-camp dan tenda darurat yang memadai,  dan ketersediaan Logistik memadai," tukasnya.

Dalam situasi seperti ini, menurutnya lagi, masyarakat harus patuh dan pemerintah harus tegas. Untuk itu butuh kerjasama dan saling pengertian, karena ini untuk kebaikan semua.

"Petugas-petugas sudah lelah, dan mereka juga punya keluarga. Apalagi yang paling kita khawatirkan, adalah orang yang terpapar tidak sesuai lagi dengan jumlah petugas yang ada," ucapnya.

Ditambahkannya, Allah SWT tidak akan memberi cobaan kalau umatnya tidak sanggup menghadapi cobaan itu. Tapi manusia juga diberi akal dan pikiran untuk tidak mati konyol.

"Untuk itu hindarilah untuk berbuat sombong, dan tidak peduli antar sesama," pungkasnya. (em)

0 komentar:

Post a Comment

Iklan

Iklan

Iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

IKLAN KPU

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

Ekonomi Bisnis

IKLAN

Terkini

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

FACEBOOK - TWEETER