09 February 2020

Komunitas Peduli Cagar Budaya, Festivalkan "Jajanan Tradisional" Warisan Nenek Moyang


PADANG, (GemaMedianet.com— Wakil Wali Kota Padang Hendri Septa membuka 'Festival Jajanan Tradisional' di Pelataran Parkir Gedung Perpustakaan dan Kearsipan Kota Padang, Minggu (9/2/2020).

Pembukaan ditandai dengan Tabur Gendang oleh Wakil Wali Kota Padang Hendri Septa, Ketua TP-PKK Kota Padang Ny. Harneli Mahyeldi dan Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Arfian.

Sebagaimana tema yang diangkat dalam evant ini adalah "Basamo Manjapuik Salero Lamo". Dalam evant ini juga digelar lomba Rangking Satu Kue Siasuak diikuti oleh SMP se Kota Padang

Wawako Hendri mengatakan, festival jajanan tradisional merupakan salah satu kegiatan untuk memperkenalkan calender evant kepariwisataan Kota Padang di tahun 2020.

"Pada Januari 2020 kita telah melaksanakan, Pasar Malam Sincia, Bazar HBT dan Tradisi Serak Gulo. Alhamdulillah evant tersebut telah sukses kita laksanakan," sebutnya. 

Ia menambahkan, evant ini juga betujuan untuk memperkenalkan kembali  variasi jajanan tradisional yang merupakan warisan dari nenek moyang kepada generasi masa depan Kota Padang.

"Di tengah kemajuan zaman, di era teknologi industri 4.0 tidak menutup kemungkinan, makanan warisan nenek moyang yang diwariskan kepada kita tidak akan dikenal lagi oleh generasi muda, karena akan digantikan makanan ala Eropa atau makanan lainnya. Semoga melalui kegiatan ini generasi muda Kota Padang akan mengenal dan mencintai makanan tradisional," ulas Wawako Hendri.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Padang Arfian mengatakan, berbeda dengan evant-event sebelumnya, festival jajanan tradisional ini dilaksanakan tidak menggunakan APBD Kota Padang. 

Evant ini murni digagas oleh Komunitas Peduli Cagar Budaya Kota Padang yang disupport oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, Dinas Pangan dan Dinas Perdagangan Kota Padang. 

"Peserta yang mengikuti kegiatan ini terdiri dari 11 Kecamatan, 10 nagari dan beberapa perguruan tinggi di Kota Padang. Dan khusus untuk lomba Rangking Satu Kue Siasuak diikuti oleh SMP se Kota Padang," sebutnya kepada Humas Kota Padang.

Hadir dalam acara itu, Kepala Dinas Perhubungan Kota Padang Dian Fakri, Kabag Kerjasama Erwin, mewakili Dinas Pangan, Hasna, mewakili Kabag Pemerintahan, Irnovriadi, Camat Padang Barat Eri Sendjaya. Tim Juri festival jajanan tradisional  dan seluruh peserta festival jajanan tradisional serta tamu undangan lainnya. (*)

0 komentar:

Post a Comment

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

IKLAN

IKLAN

Ekonomi Bisnis

IKLAN

IKLAN

Terkini

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

FACEBOOK - TWEETER