04 Januari 2020

Bupati Hendrajoni Serahkan 3800 Bibit Manggis di Nagari Mandiri Pangan Kambang Utara


LENGAYANG, (GemaMedianet.com— Bupati Pesisir Selatan, Sumatera Barat, Hendrajoni menyerahkan 3800 batang bibit Manggis kepada petani  Nagari Kambang Utara, Kecamatan Lenggayang, Jumat (3/1/2020).

Tak hanya itu, pada waktu yang sama, bupati melakukan penanaman perdana bibit Manggis  di Lubuak Sariak nagari setempat.

Hadir bersama bupati saat itu,  Kepala Dinas Pangan Alvis Basir, serta sejumlah kepala perangkat daerah, Camat Lenggayang Zoni Eldo, Wali Nagari Kambang Utara Ul Sabri dan tokoh masyarakat setempat.

Bupati Hendrajoni usai melakukan penanaman perdana mengemukakan, upaya masyarakat Nagari Kambang Utara, mengembangkan tanaman Manggis sebagai komoditi unggulan diharapkan dapat meningkatkan ekonomi masyarakat.

Untuk itu, lanjut bupati, masyarakat harus sungguh-sungguh melakukan perawatan tanaman. Disamping itu, dinas terkait seperti pertanian juga harus melakukan pembinaan secara kontinu kepada petani.

"Saya tidak ingin petani giat hanya pada saat melakukan penanaman, tapi setelah itu dibiarkan saja, sehingga bibit menjadi sia sia," kata bupati.

Kata Hendrajoni, sektor pertanian dan perkebunan  merupakan bagian dari prioritas pembangunan untuk meningkat perekonomian masyatakat Pesisir  Selatan.

Sementara, Kepala Dinas Pangan Pesisir Selatan, Alvis Basir menjelaskan, dari 3800 batang tersebut, 3500 batang  berasal dari bantuan Balai Penelitian Buah, Sumatera Barat, dan sisanya 300 batang dari Dinas Pangan Sumatera Barat.

Dikatakan, Nagari Kambang Utara merupakan nagari mandiri pangan Pesisir Selatan, yang memilih komoditi    Manggis sebagai produk unggulannya.

Sementara itu, Wali Nagari Kambang Utara, Ul Sabri mengungkapkan, masyarakat sudah sepakat untuk mengganti Sawit dengan Manggis dan Durian.

"Semua Sawit  yang ada akan ditumbangkan, dan diganti dengan Manggis dan Durian," katanya.

Menurut Ul Sabri, kuatnya keinginan masyarakat mengganti Sawit dengan alasan karena tanaman Sawit diduga menyebabkan keringnya sumber air yang ada di Kambang Utara. (doni) 

0 comments:

Posting Komentar

PRAKIRAAN CUACA

eqmap

SOLOK SELATAN


POLDA SUMBAR

iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

Iklan

Iklan

Terkini

Iklan

FACEBOOK - TWEETER

Iklan

BUMN

Iklan

REMAJA DAN PRESTASI

iklan