24 Agustus 2017

Ketua Komisi A DPRD Pasaman Apresiasi Pendidikan Politik Bagi Pemilih Pemula

PASAMAN, (GemaMedianet.com) – Penerapan sistem Pemilu dalam pemilihan Ketua OSIS di SMAN 1 Lubuk Sikaping, guna mengenalkan kepada calon pemilih pemula oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat diapresiasi DPRD Kabupaten Pasaman.

Ketua Komisi A DPRD Pasaman, M Mardinal mengatakan, pendidikan politik dapat diberikan kepada para pelajar sebagai pemilih pemula di Kabupaten Pasaman.

"Pendidikan politik yang dapat diberikan seperti pengetahuan demokrasi melalui penerapan Pemilihan Umum (Pemilu) Ketua Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS)," kata M Mardinal di Lubuk Sikaping, Kamis.

Menurutnya, hal tersebut akan memupuk rasa kepedulian para pelajar sebagai pemilih pemula dalam menentukan pemimpin di tingkat sekolah. "Jika di tingkat sekolah sudah diajarkan, maka saat memilih kepala daerah dan wakil rakyat mereka cukup cerdas dalam memberikan hak suaranya," ujarnya.

Ia mengatakan, pendidikan politik harus ditanamkan dan diajarkan kepada para pemilih pemula, agar mengetahui pentingnya pengetahuan di bidang tersebut.

"Apalagi para pemilih pemula seperti anak Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat belum tersentuh politik, sehingga perlu pembinaan lebih agar menjadi masyarakat yang cerdas dalam memilih pemimpin di masa depan," ujarnya.

Namun ia juga mengingatkan pihak yang berkepentingan agar tidak melibatkan anak didik kepada politik praktis yang dapat merusak tatanan sistim demokrasi di daerah itu. "Kita apresiasi terobosan KPU, namun juga perlu diingat para pemilih pemula harus betul-betul dikawal agar tidak terjadi politik praktis di masa mendatang," pungkas politikus Partai Golkar tersebut.  (Noel)

0 comments:

Posting Komentar

PRAKIRAAN CUACA

eqmap

SOLOK SELATAN

Iklan


POLDA SUMBAR

iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

Iklan

Iklan

Terkini

FACEBOOK - TWEETER

Iklan

BUMN

Iklan

REMAJA DAN PRESTASI

iklan