07 Januari 2019

Padang Barat dan Puskesmas Padang Pasir Libatkan Kemenag Kota Padang Sosialisasi IVA Tes


PADANG(GemaMedianet.com) Kecamatan Padang Barat bersama Puskesmas Padang Pasir menyambangi Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Padang di Jalan Duku Nomor 5 Ujung Gurun, Senin (7/1/2019). Kedatangan tersebut untuk sosialisasi pencegahan kanker sejak dini dan IVA Tes di lingkungan Kemenag Kota Padang.

“Di samping pelaksanaan IVA Tes di lingkungan Kemenag Kota Padang, kita juga ingin melibatkan seluruh jajaran Kemenag Kota Padang turut andil menyuarakan pencegahan dini kanker serta pentingnya IVA Tes kepada masyarakat,” ungkap Camat Padang Barat, Eri Sendjaya.  

Dijelaskan, peran stratesi KUA Kecamatan se-Kota Padang dan Ulama dalam menyakinkan jamaah (masyarakat) untuk melakukan pemeriksaan IVA sangat diperlukan. Karena, cara ini dianggap cukup efektif untuk mencegah berjangkitnya penyakit kanker di masyarakat, terutama di kaum ibu. 

“Kita memberikan apresiasi atas kerjasama Kemenag Kota Padang yang dengan cepat merespon himbauan Walikota Padang terkait pemeriksaan IVA di masyarakat,” ujar Eri.

Sementara, Kepala Kemenag Kota Padang, Marjanis mengatakan, bahwa kegiatan sosialisasi pencegahan kanker sejak dini dan IVA Tes merupakan awal keterlibatan Kemenag Kota Padang dalam mensukseskan dan mendukung program Pemerintah Kota Padang. 

“Kami harus memberikan contoh terlebih dahulu sebelum mengedukasi masyarakat. Untuk itu, karyawati dan anggota Dharma Wanita Kemenag Kota Padang akan melakukan pemeriksaan IVA pada Jum'at, 11 Januari mendatang,” ujar Marjanis.

Dikesempatan yang sama, narasumber sosialisai pencegahan dini kanker dan IVA Tes dari Puskesmas Padang Pasir, Erlina, mengatakan, pemeriksaan IVA (IVA Tes) dilakukan dengan cuma-cuma tanpa dipungut biaya. Untuk itu, diharapkan kepada kaum ibu meluangkan waktu untuk datang ke Puskesmas Pasir melakukan pemeriksaan.

“Begitu juga dengan kaum Bapak, agar membujuk dan memotivasi kaum Ibu untuk melakukan IVA Tes. Karena kalau sudah terjangkit, akan membutuhkan biaya yang besar untuk pengobatan,” imbuh Erlina yang telah memiliki kualifikasi nasional dalam sosialisasi dan edukasi pencegahan kanker sejak dini. 

Hal senada juga disampaikan Ketua TP PKK Kecamatan Padang Barat, Damsiar, kegiatan sosialisasi dan edukasi  tentang pencegahan dini kanker tidak saja diarahkan kepada masyarakat, tetapi juga kepada seluruh karyawati di lingkungan Pemerintah Kota Padang. 

Ia berharap, partisipasi aktif yang telah diberikan oleh seluruh Kader, Puskesmas Padang Pasir, Camat, Lurah, Ketua LPM,RW dan RT akan menambah semangat dan motivasi Kecamatan Padang Barat yang mewakili Provinsi Sumatera Barat dalam penilaian IVA Test Tingkat Nasional. (LL)

0 comments:

Posting Komentar

PRAKIRAAN CUACA

eqmap

SOLOK SELATAN


POLDA SUMBAR

iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

Iklan

Iklan

Terkini

Iklan

FACEBOOK - TWEETER

Iklan

BUMN

Iklan

REMAJA DAN PRESTASI

iklan