04 Desember 2023

Festival Seni Budaya Nias IKBM 2023 Resmi Dibuka Wawako Padang


PADANG,  (GemaMedianet.com) I Wakil Wali Kota (Wawako) Padang Ekos Albar membuka secara resmi event Festival Seni Budaya Nias Tari Kreasi "Fame'e Afo" Tahun 2023, yang digelar oleh Ikatan Keluarga Besar Mendrofa (IKBM) Padang, di Gedung Dinas Kebudayaan Sumatera Barat (Sumbar), Minggu (3/12/2023).

Dalam sambutannya Ekos Albar menyampaikan, atas nama Pemerintah Kota Padang menyambut baik dan mengucapkan selamat atas terselenggaranya event seni budaya suku Nias tersebut.

Sesuai namanya Festival Tari Fame “e Afo, memiliki arti yakni suatu tarian ritual yang biasanya dilakukan masyarakat Nias untuk menyambut tamu kehormatan. Tarian ini serupa dengan tari sekapur sirih atau tari pasambahan.

"Event ini merupakan salah satu event pariwisata Kota Padang di tahun 2023. Kita tentu bersyukur dan berbangga hati karena Kota Padang mampu mengangkat sebuah event yang melihatkan keberagaman suku budaya dan etnis yang ada di kota yang kita cintai ini," ungkap Ekos.

Menurut Ekos Albar, pelestarian adat dan budaya harus terus dilakukan di tengah kemajuan global yang berkembang pesat dari tahun ke tahun.

"Festival Seni Budaya Nias Tari Kreasi Fame'e Afo ini sangat tepat dilakukan dalam rangka melestarikannya bagi generasi penerus. Selamat kepada panitia, para peserta, sera kepada para juara pada festival ini. Semoga acara ini memberikan kesan kepada seluruh peserta dan hadirin yang menyaksikan," sambungnya.

Lebih lanjut Wakil Wali Kota Padang itu juga meminta kepada para camat di Kota Padang untuk terus melakukan pembinaan kepada masyarakat dalam mempertahan adat istiadat atau tradisi yang ada di Kota Padang. 

"Adat istiadat atau tradisi yang ada di Kota Padang adalah sebuah keanekaragaman etnis yang senantiasa terjaga baik selama ini. Semoga kita dapat mempertahankan keunikan dan keberagaman tersebut sebagai sebuah kearifan lokal di Kota Padang," pungkas Wawako mengakhiri.

Festival Seni Budaya Nias Tari Kreasi Fame'e Afo ini terselenggara berkat dukungan dana pokok pikiran (pokir) Anggota DPRD Kota Padang, Iswanto Kwara, bekerjasama dengan Dinas Pariwisata Kota Padang.

Dalam kesempatan ini turut hadir Anggota DPRD Sumbar Albert Hendra Lukman, Anggota DPRD Kota Padang Iswanto Kwara, Kepala Dinas Pariwisata Kota Padang Yudi Indra Syani dan jajaran serta Ketua, Pengurus dan Keluarga Besar IKBM Padang.

(pkp) 

0 comments:

Posting Komentar

PRAKIRAAN CUACA

eqmap

SOLOK SELATAN


POLDA SUMBAR

Iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

Iklan

Iklan

Terkini

Iklan

FACEBOOK - TWEETER

BUMN

REMAJA DAN PRESTASI


Iklan