20 Mei 2023

Ermizen : Potensi Besar Perikanan Pesisir Selatan Perlu Sentuhan Teknologi dan Sarana Tangkap



PESSEL, (GemaMedianet.com| Selain potensi laut yang sangat besar. Kalau potensi tersebut diolah dengan maksimal tentu akan berdampak baik terhadap perekonomian warga masyarakat setempat, terutama masyarakat nelayan.

Agar benar-benar bisa memberikan dampak untuk kesejahteraan bagi masyarakat nelayan di daerah itu. Tentu sektor ini perlu diolah secara maksimal.

Sebab potensi perikanan di daerah itu mencapai 100 ribu ton per tahun. Selain meningkatkan kesejahteraan masyarakat juga dapat meningkatkan PAD di daerah itu.

Ketua DPRD Pessel, Ermizen mengatakan, karena potensi sangat besar, sehingga diyakini bisa memberikan kesejahteraan bagi warga masyarakat di Kabupaten Pessel terutama masyarakat nelayan.

"Untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat nelayan di daerah itu harus benar-benar tercapai. maka sektor ini perlu sentuhan teknologi dan sarana tangkap yang memadai,” ungkapnya.

Keterbatasan sarana tangkap menjadi salah satu penyebab produktivitas masyarakat nelayan di daerah itu rendah. Untuk itu, perlu kerjasama dan perhatian yang serius dari semua pihak terutama instansi terkait.

“Hal ini perlu mendapatkan perhatian serius pemerintah, sebab dengan potensi produksi perikanan mencapai 100 ribu ton per tahun," tambahnya.

Menurutnya, saat ini selayaknya pemerintah daerah melalui pihak terkait lebih mengutamakan pembangunan yang berkontribusi terhadap peningkatan perekonomian masyarakat terutama di sektor perikanan.

“Selain pembangunan sarana dan prasarana dan kesediaan alat tangkap serta dilakukan melalui  program kerakyatan, serta pelatihan pelatihan tentang pemahaman pengolahan ikan,” katanya.

Menurutnya, minimnya pengetahuan masyarakat tentang pengelolaan ikan tentu sebanyak apapun hasil tangkapannya tidak akan berdampak banyak terhadap pendapatan masyarakat tersebut.

Untuk itu, diminta kepada instansi terkait dapat membuat terobosan baru untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat terutama masyarakat nelayan.

(*)

0 comments:

Posting Komentar

PRAKIRAAN CUACA

eqmap

SOLOK SELATAN

Iklan


POLDA SUMBAR

iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

Iklan

Iklan

Terkini

FACEBOOK - TWEETER

Iklan

BUMN

Iklan

REMAJA DAN PRESTASI

iklan