19 Februari 2021

SMAN 3 Padang Panjang Tanaman 100 Ribu Pohon, Tandai Launching "City Environmental Sustainability"


 
PADANG PANJANG (GemaMedianet.com)  SMAN 3 Padang Panjang resmi launching program "City Environmental Sustainability". Launching itu ditandai dengan penanaman 100 ribu pohon secara simbolis, Kamis (18/2/2021).

Program ini bekerja sama Lyceum International School Sri Lanka yang berada di bawah United Nation

"Program City Environmental Sustainability ini diadakan untuk menanamkan rasa cinta terhadap lingkungan hidup kepada siswa sekolah dan masyarakat pada umumnya. Dengan tujuan alam dapat terjaga dengan baik. Sebab, jika lingkungan alam tidak dijaga dengan baik, akan menjadi musibah besar di kemudian hari," kata Kepala SMAN 3, Devi Hariyanti, S.Pd, M.Pd.

Dia menjelaskan, untuk penanaman 100 ribu pohon ini, dilaksanakan sekolah-sekolah yang tergabung dalam kerjasama program. Di antaranya SMAN 3, Lyceum International School Sri Lanka, United Kingdom, serta India dan Pakistan.

"Jadi penanaman 100 ribu pohon ini bukan menumpuk pada SMAN 3 saja. Tapi semua sekolah yang ikut tergabung ke dalam program kerjasama ini," jelasnya.

Lebih lanjut Devi mengatakan, sebelumnya program ini pada tahap awal sudah melakukan beberapa kegiatan yang mensupport hal-hal yang berkaitan dengan lingkungan hidup.

Diantaranya pembuatan video clip dengan tema save the planet yang sudah ditayangkan di kanal YouTube di negara-negara yang tergabung dalam kegiatan ini. Serta daur ulang bahan limbah menjadi tempat penanaman bunga, pohon kecil dan sebagainya.

"Kami berharap program kerjasama internasional ini dapat berjalan berkesinambungan dan mendapatkan support dari pemerintah kota (pemko)," ucapnya.

Sementara itu, Walikota, H. Fadly Amran, BBA Datuak Paduko Malano yang me-launching program tersebut, mengapresiasi SMAN 3 yang telah melakukan program kerjasama dengan sekolah-sekolah luar negeri untuk membuka wawasan siswa-siswi lebih luas lagi.

"Di sini kita bisa lihat bukan hanya wacana saja. Tetapi anak-anak ini bersama dengan pihak sekolah dan jajaran dinas sudah merealisasikannya. Kita sangat men-support sekali kegiatan-kegiatan seperti ini," ucapnya.

Fadly mengatakan, kegiatan yang dilakukan SMAN 3 kali ini, merupakan bentuk esensi dari program merdeka belajar yang telah dibuat Kementerian Pendidikan. Dimana anak murid bisa menggali dan mengekspor kebisaan mereka di segala bentuk kegiatan.

"Ini adalah tanggung jawab kita sebagai pemerintah untuk memfasilitasi kegiatan-kegiatan seperti ini," ujarnya.

Launching tersebut turut dihadiri, Wakil Ketua Komisi IV DPRD Provinsi Sumbar, Mesra, Kepala Cabang Dinas Wilayah 1 Provinsi Sumbar, Mardison, S.Pd, M.Pd, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Drs. M. Ali Tabrani, M.Pd dan kepala Dinas Komunikasi dan Informatika yang diwakili, Kabid IKP, Maryulis Max. (kominfo/rifki)

0 comments:

Posting Komentar

PRAKIRAAN CUACA

eqmap

SOLOK SELATAN


POLDA SUMBAR

iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

Iklan

Iklan

Terkini

Iklan

FACEBOOK - TWEETER

Iklan

BUMN

Iklan

REMAJA DAN PRESTASI

iklan