09 Agustus 2018

Padang Rayakan HUT ke-349 dengan Pesona Pawai Telong-telong


PADANG, (GemaMedianet.com)– Ribuan warga Kota Padang diperkirakan tumpah ruah memadati sepanjang jalan Samudera atau tepatnya sekitaran objek wisata Danau Cimpago, Kelurahan Purus, Kecamatan Padang Barat, Senin malam (6/8/2018).

Hal itu sekaitan berlangsungnya Pawai Telong-telong dalam rangka memperingati sekaligus merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Padang yang ke-349. Terlebih lagi pada festival tahunan kali ini terlihat begitu semarak. Pasalnya tak hanya dihadiri pejabat di Kota Padang namun juga dari tingkat Sumbar, nasional bahkan Internasional. Kehadiran rombongan delegasi dari negara sahabat yang tengah menjajaki kerjasama ‘sister city’ dengan Kota Padang. Yaitu dari delegasi Provinsi Ba Ria Vung Tau Vietnam yang dipimpin Wakil Komite Rakyat Ba Ria Vung Tau, Mr. Le Tuan Quoc, serta delegasi Kota Hildesheim Jerman dipimpin Walikota Hildesheim, Mr. Ingo Meyer. Termasuk dari pewakilan negara tetangga Malaysia.

Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah mengatakan, seperti biasa setiap tahunnya pada malam sebelum hari jadi Kota Padang yang jatuh pada 7 Agustus selalu digelar Pawai Telong-telong. Pawai ini tak hanya sekedar festival biasa, namun ada sisi sejarah panjang yang terkandung di dalamnya.

“Lewat telong-telong inilah rakyat Padang sukses memporak porandakan pertahanan Belanda yang sedang menjajah Indonesia kala itu,” ujar Mahyeldi  sewaktu diwawancarai wartawan usai acara.

Mahyeldi menceritakan, dalam sejarahnya Telong-telong bermula dari sejarah waktu masa penjajahan VOC Belanda, tepatnya di tahun 1669 silam. Dalam melakukan penyerangan terhadap loji-loji penjajah, masyarakat menggunakan Telong-telong sejenis lampion sebagai peralatan seadanya yang dipasang sebanyak mungkin di sekitar kamp-kamp musuh sehingga membuat lengah pengawasan.

“Saat tentara kolonial lengah, masyarakat Kota Padang, yang berasal dari Kenagarian Pauh dan Koto Tangah pun dengan mudah melumpuhkan para tentara Belanda. Menurut saya, ini membuktikan kepada kita semua bahwasanya, meskipun dalam keterbatasan peralatan seadanya, namun kita tetap mampu melakukan penyerangan terhadap musuh. Untuk itu, mari jadikan momen bersejarah ini sebagai momen kebangkitan bagi kita semua untuk khususnya untuk kemajuan Kota Padang tercinta ini,” imbuh Mahyeldi.

Diharapkannya, melalui semangat hari jadi Kota Padang yang ke-349, seluruh warga masyarakat Kota Padang tentunya diharapkan dapat meniru dan mewarisi semangat perjuangan dan pengorbanan yang dicontohkan oleh para pendahulu tersebut. Karena tidak mungkin Padang kota tercinta ini akan maju, sukses dan lebih jaya tanpa adanya dukungan dan pengorbanan serta persatuan seluruh masyarakat.

“Jadi, siapapun saja walikotanya tanpa adanya dukungan dan persatuan dari seluruh masyarakat, mungkin mustahil bisa membangun Kota Padang ini. Karena untuk maju dan suksesnya sebuah daerah memerlukan sinergitas dan kekompakan semua pihak. Mari jadikan momen HUT Kota Padang ke-349 ini dengan mewarisi semangat perjuangan, pengorbanan dan kekompakan dari kita semua,” seru walikota.

Dalam pawai telong-telong kali ini, terlihat berlangsung lebih semarak yang ditambah dengan variasi-variasi yang ditampilkan. Sebagaimana ditampilkannya berbagai atraksi seni dan budaya serta potensi masing-masing daerah yang ada di 11 kecamatan terdiri dari 104 kelurahan di Kota Padang serta aksi teatrikal yang melihatkan perjuangan bangsa Indonesia khususnya warga Kota Bingkuang melawan kaum penjajah.

Tak kalah menariknya, juga ada karnaval yang menampilkan aksi lintas etnik yang ada di Padang seperti Tionghoa, India, Batak dan lainnya. Festival ini dibuka oleh Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit yang ditandai dengan penabuhan gendang secara bersama-sama. Kegiatan ini juga dihadiri Anggota DPR RI Betti Shadiq Pasadigoe, Anggota DPD RI Leonardy Harmaini, Ketua DPRD Kota Padang Elly Thrisyanti, Unsur Forkopimda Kota Padang, Ketua TP PKK Padang Ny. Harneli Bahar, unsur LKAAM Padang serta para pimpinan OPD di lingkup Pemko Padang dan lainnya. (David/Zal/Ady/Im)

0 comments:

Posting Komentar

PRAKIRAAN CUACA

eqmap

SOLOK SELATAN


POLDA SUMBAR

iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

Iklan

Iklan

Terkini

Iklan

FACEBOOK - TWEETER

Iklan

BUMN

Iklan

REMAJA DAN PRESTASI

iklan