26 September 2018

PDAM Padang Dinilai Sukses Terapkan NRW, PT Pasti Makmur Jalin Kerjasama Traning Nasional Water Technology X


PADANG, (GemaMedianet.com) — Dinilai sukses laksanakan penurunan tingkat kehilangan air (Non Revenue Water/NRW), Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Padang mendapatkan apresiasi. Kali ini apresiasi dan kepercayaan itu datang dari PT Pasti Makmur. Bahkan PDAM Padang membuktikan komitmen untuk terus meningkatkan kualitas dan kapasitas sumber daya manusia (SDM). Bekerjasama dengan PT Pasti Makmur, PDAM Kota Padang menggelar traning nasional bertajuk Water Technology X di Ibis Hotel Padang, 25 - 26 september 2018.

Kegiatan yang dibuka langsung dibuka langsung Pjs Dirut PDAM Kota Padang, H Edwar, SE tersebut diikuti 25 peserta utusan PDAM se Sumatera dengan mengambil tema “Presurre: management & monitoring system to reduce NRW/manjemen dan monitoring sistem tekanan dalam rangka menurunkan tingkat kehilangan air”.

Presdir PT Pasti Makmur, Roy Rinaldi menyampaikan, training water technology x, merupakan training nasional bidang teknology air minum seri-seri sebelumnya dilaksanakan di Pulau Jawa seperti PDAM Kota Malang, Kota Bandung, dan lain lain, terakhir di BalikPapan untuk wilayah Kalimantan.

Dipilihnya Kota Padang, menurut Roy Rinaldi, Karena PDAM Kota Padang cukup sukses melaksanakan penurunan tingkat kehilangan air (Non Revenue Water/NRW). “PDAM Kota Padang cukup berhasil dalam mengaplikasi water technology khususunya dalam menurunkan NRW. Apalagi pasca gempa 2009, PDAM Kota Padang berhasil bangkit dan menurunkan kehilangan air hingga NRW nya saat ini 25-26 persen.. padahal rata2 nasional NRW PDAM masih di atas 40 persen.

"Selain teknologi, PDAM Kota Padang cukup berhasil meningkatkan kualitas SDM, terbukti cukup banyak instruktur nasional bidang teknology air minum di PDAM Kota Padang,” sebut Roy.

Di tempat yang sama, Pjs Dirut PDAM Kota Padang, H Edwar, SE dalam sambutannya menyampaikan ucapan terimakasih atas dipercayanya PDAM Kota Padang sebagai mitra dalam training nasional bidang penurunan NRW. Adapun NRW atau tingkat kehilangan air masih merupakan momok bagi PDAM. Selain masalah kehilangan dari sisi teknis yakni kebocoran fisik, juga kehilangan dari sisi non teknis atau administrasi, seperti pencurian air atau ilegal koneksian, kerusakan water meter atau pembacaan water meter yang tidak akurat dan lain lain.

PDAM Kota padang sendiri selama ini cukup berhasil berhasil menurunkan kehilangan air, salah cara yakni dengan teknology Distrik Meter Area (DMA) dan management tekanan air, swipping mencari kebocoran serta terus meningkatkan teknologi akurasi sistim digital baca meter air pelanggan. Salah satu mitra training dan penerapan teknology penurunan NRW yakni PT Pasti Makmur.

Selain dengan pasti makmur, PDAM Kota Padang juga salah mitra kementrian PU PR dalam training penurunan NRW PDAM. (Rel/Ki)

0 comments:

Posting Komentar

PRAKIRAAN CUACA

eqmap

SOLOK SELATAN


POLDA SUMBAR

iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

Iklan

Iklan

Terkini

Iklan

FACEBOOK - TWEETER

Iklan

BUMN

Iklan

REMAJA DAN PRESTASI

iklan