01 Agustus 2018

Pemko Padang Jamin Keamanan dan Kesehatan Sapi Qurban


PADANG, (GemaMedianet.com) Pemerintah Kota Padang melalui Dinas Pertanian memberikan jaminan kepada masyarakat, terutama jaminan keamanan, kesehatan dan kualitas produknya terhadap Sapi Qurban. Untuk itu masyarakat tak perlu khawatir tentang ketersediaan hewan qurban pada Hari Raya Idul Adha 1439 H/2018.

"Untuk ini kita bekerjasama dengan pengusaha, mendata pengusaha dan berharap pengusaha tidak bermain-main dengan harga Sapi qurban," sebut Walikota Padang Mahyeldi sewaktu membuka Sosialisasi Pedoman Teknis Pemilihan dan Penyembelihan Hewan Qurban yang memenuhi syarat ASUH (Aman sehat utuh dan halal) serta pembukaan bursa hewan qurban di kawasan Pasar Ternak dan Rumah Potong Hewan, Palarik Aie Pacah, Kecamatan Koto Tangah, Selasa (31/7/2018).

Mahyeldi juga mengatakan, dalam sosialisasi ini diberikan bimbingan kepada masyarakat, dalam hal memilih Sapi yang sehat. Oleh sebab itu melalui Dinas Pertanian dibuatkan jaminan bahwa ketersediaan Sapi qurban dan diresmikannya bursa untuk Sapi ini.

Apabila nantinya pengurus Masjid tidak menemukan Sapi, Pemko Padang menyediakan Sapi yang memenuhi syarat kesehatan yang telah melalui pemeriksaan kesehatan. ”Kita punya stok Sapi sebanyak 20.000 ekor yang telah melalui pemeriksaan kesehatan, dan silahkan pengurus Masjid dan Mushala beli sesuai dengan keinginannya,” ujar Mahyeldi.

Kemudian kantong plastik yang digunakan untuk daging sapi qurban, jangan gunakan kantong plastik berwarna hitam. Pakailah kantong plastik yang transparan atau bening, karena kantong berwarna telah melalui berulang-ulang proses daur ulang. "Mudah-mudahan lewat acara ini dapat memberikan kenyamanan kepada pengurus Masjid dan Mushala tentang ketersediaan Sapi qurban, sehingga konsumen memperoleh daging yang sehat.

Ia juga mengingatkan, jika menemukan cacing pada hati Sapi jangan dibagikan segera laporkan kepada Dinas Pertanian.  "Nanti Dinas Pertanian akan turun untuk memeriksanya, sehingga keamanan masyarakat mengkonsumsi daging Qurban betul-betul terjamin,” pungkasnya.

Sementara itu Kepala Dinas Pertanian Kota Padang Syaiful Bahri menerangkan, ketersediaan Sapi untuk qurban telah dipersiapkan. "Kita punya 2.000 ekor sapi jantan yang siap potong. Oleh karena itu tidah usah cemas dengan ketersediaan Sapi di Kota Padang,” tukasnya. (Nda/Fsl)

0 comments:

Posting Komentar

PRAKIRAAN CUACA

eqmap

SOLOK SELATAN


POLDA SUMBAR

iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

Iklan

Iklan

Terkini

Iklan

FACEBOOK - TWEETER

Iklan

BUMN

Iklan

REMAJA DAN PRESTASI

iklan