18 Oktober 2017

Spanyol Kerjasama dengan Sumbar Dibidang Peternakan

PADANG, (GemaMedianet.com) - Spanyol melalui PT Indogal bakal jalin kerjasama bidang peternakan dengan Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Sumatera Barat (Sumbar) terutama terkait pengembangbiakan Sapi dan pengolahan limbah peternakan.

Jenis sapi unggulan asal Spanyol yang bakal dikawin silangkan dengan Sapi lokal adalah jenis sapi Galician Blow melalui Inseminasi Buatan (IB).  "Kita akan berikan bibit sapi berupa semen beku yang akan disuntikkan ke sapi lokal jenis Sapi Bali dan Sapi Pessel," kata pihak PT indogal,  Manuel Albores Cabo ketika jadi narasumber di Padang baru-baru ini.

Ia menyebutkan sapi jenis Galician Blonde merupakan sapi bibit unggul yang bobotnya luar biasa besar. "Untuk awal Disnak Sumbar akan diberikan Semen beku (bibit dari sapi berupa sperma). Dan ini kerjasama pertama dengan Sumbar bidang pengembangbiakan jenis sapi,"katanya.

Kemudian, imbuhnya kerjasama juga bakal dilanjutkan terkait pengolahan limbah peternakan dan pengiriman bibit sapi semen beku.

Kepala Disnak Sumbar, Erinaldi mengatakan dalam kerjasama ini pihaknya sangat berterimakasih. "Semoga dengan kerjasama ini kedepan mampu meningkatkan swasembada daging di Sumbar dikarenakan bobot sapi yang akan dilahirkan berbobot besar. Sementara, yang dapat bibit semen itu baru UPTD Peternakan Sumbar sebab masih dalam tahap penelitian. Jadi setelah sukses baru disebar kepada kelompok ternak yang ada di Sumbar,"terangnya. (Fys)

0 comments:

Posting Komentar

PRAKIRAAN CUACA

eqmap

SOLOK SELATAN

Iklan


POLDA SUMBAR

iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

Iklan

Iklan

Terkini

FACEBOOK - TWEETER

Iklan

BUMN

Iklan

REMAJA DAN PRESTASI

iklan

Arsip Blog