27 Oktober 2018

Kinerja dan Tata Kelola Sangat Baik, Pemko Padang Kembali Raih Anugerah Pandu Negeri


JAKARTA, (GemaMedianet.com) Pemerintah Kota (Pemko) Padang kembali menerima penghargaan khusus dari Indonesian Institute for Public Governance (IIPG) tahun ini sebagai pemerintah daerah dengan predikat 'Sangat Baik' dalam aspek kinerja dan tata kelola pemerintahan.

Penghargaan yang diterima Walikota Padang, Mahyeldi Ansharullah itu diserahkan langsung Ketua Dewan Penasihat IIPG, yang juga merupakan Wakil Presiden Republik Indonesia ke-11 (2009-2014), Prof.Dr.H.Boediono bersama Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo diwakili Direktur Jenderal Otonomi Daerah (Dirjen Otda) Sumarsono di Grand Sahid Jaya Hotel, Jakarta Pusat, Jumat (26/10/2018).

Ketua Dewan Penasehat IIPG, Boediono mengatakan, pemberian penghargaan bertujuan dalam rangka untuk memilih pemerintah daerah dan kepala daerah dengan kinerja dan tata kelola yang baik di Indonesia. Kategorinya yakni terbaik, sangat baik dan baik. “Kita berharap pemberian penghargaan akan semakin mendorong pemerintah daerah dan kepala daerah di Indonesia untuk lebih bersemangat meningkatkan kinerja dan tata kelola pemerintahan,” ungkapnya.

Boediono menambahkan, melalui Anugerah Pandu Negeri, IIPG sangat berharap pemimpin daerah yang memiliki kinerja dan tata kelola yang baik terus meningkatkan kinerja, sehingga memiliki prospek menjadi calon pemimpin tingkat nasional di masa depan. Sehingga akan lebih memperkaya sumber calon pemimpin untuk regenerasi kepemimpinan nasional, khususnya dari kepala daerah berprestasi.

“Semoga yang menerima Anugerah Pandu Negeri bisa menjadi contoh bagi daerah dan kepala daerah lainnya. Terutama dalam meningkatkan kinerja pembangunan serta menjaga tata kelola pemerintahan yang baik dan amanah,” harap Boediono.

Dirjen Otda Kemendagri Sumarsono dalam sambutannya menyambut baik upaya IIPG dalam pemberian penghargaan kepada pemerintah daerah di tingkat provinsi, kabupaten, hingga pemerintah kota plus pemimpin inovatif. Dia juga berharap, pemberian penghargaan tentunya semakin mendorong pemerintah daerah dan kepala daerah lebih bersemangat lagi meningkatkan kinerja dan tata kelola pemerintahan.

“Saya kira ini ide dan momen yang bagus, karena bisa merangsang bagi yang telah dan belum mendapatkan penghargaan. Semoga mampu meningkatkan daerah dan kepala daerah untuk berkembang dan lebih baik lagi,” ujarnya.

Ketua IIPG, Sigit Pramono menyebutkan, Anugerah Pandu Negeri tahun ini merupakan yang kedua kalinya dilakukan dengan mengangkat tema 'Membangun Tata Kelola dan Budaya Pemerintahan Daerah yang Bersih'. 

Anugerah Pandu Negeri merupakan ajang pemberian penghargaan tahunan untuk pemerintah provinsi, kabupaten dan kota terbaik, serta pemimpin inovatif yang telah berhasil melakukan terobosan dalam peningkatan pertumbuhan sosio-ekonomi melalui reformasi tata kelola yang amanah. "IIPG adalah sebuah organisasi nirlaba yang digagas sekelompok anak bangsa yang peduli terhadap tata kelola baik di sektor swasta atau korporasi dan sektor publik atau institusi pemerintahan. Dengan didukung Ketua Dewan Penasihat IIPG, Boediono, serta seluruh jajaran dewan juri, maka kegiatan IIPG diawali dengan melaksanakan penilaian terhadap pemerintah daerah dan mengumumkannya di acara Anugerah Pandu Negeri," terang Sigit.

Ia meyebutkan, untuk Anugerah Pandu Negeri 2018 penilaian dilakukan terhadap 548 Pemerintah Daerah yang terdiri dari 34 provinsi, 416 kabupaten, dan 98 kota dan kota administrasi dengan kriteria aspek performance meliputi pertumbuhan ekonomi, pengembangan manusia, dan Breakthrough Result (Transformative and Innovative). Kemudian Aspek Governance yang meliputi tata kelola keuangan, tata kelola pemerintahan, serta anti korupsi. "Kedepan diharapkan sudah tidak ada lagi pemimpin daerah yang terlibat kasus yang bertentangan dengan prinsip tata kelola pemerintahan daerah yang bersih," imbuh Sigit. (David/ Ady/Im)

0 comments:

Posting Komentar

PRAKIRAAN CUACA

eqmap

SOLOK SELATAN


POLDA SUMBAR

iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

Iklan

Iklan

Terkini

Iklan

FACEBOOK - TWEETER

Iklan

BUMN

Iklan

REMAJA DAN PRESTASI

iklan