24 April 2022

Buka Puasa Bersama Kongsi Kematian Lakuk Kuranji, Irwan Basir Wanti-wanti Masuknya Kepentingan Politik Praktis

Irwan Basir Wanti-wanti Masuknya Kepentingan Politik Praktis Dalam Kongsi Kematian Lakuk Kuranji


PADANG (GemaMedianet.com| Tokoh Masyarakat Kuranji yang juga Pembina Kongsi Kematian Lakuk Kuranji, Irwan Basir Datuk Rajo Alam, SH, MM mewanti-wanti Pengurus dan Anggota Kongsi Kematian untuk selalu menjaga kekompakan dan tak henti  meningkatkan rasa kebersamaan dalam perkumpulan sosial Kongsi Kematian.

Penegasan itu disampaikannya saat acara buka puasa berpuasa dengan Pengurus dan Anggota Kongsi Kematian di Lakuk Kuranji, Sabtu (23/4/2022).

Dia menyebut, pada hakekatnya kongsi kematian dibentuk karena adanya rasa kepedulian sosial dari sekelompok masyarakat yang punya rasa senasib dan sepenanggungan. Punya kepedulian bertetangga dan bermasyarakat, berat sama dipikul, ringan sama dijinjing agar bisa membantu sesama.

"Perkumpulan kongsi adalah perkumpulan sosial. Tidak mempunyai kepentingan lain selain untuk kepentingan anggotanya yang berkegiatan untuk mempererat silaturahmi dan memajukan organisasi," ucap Irwan Basir.

Dalam setiap kesempatan, dirinya selalu tak lupa menekankan agar seluruh anggota kongsi kematian untuk selalu menjaga kekompakan, meningkatkan rasa kebersamaan, karena itulah tujuan dari dibentuknya kongsi kematian.

"Kongsi kematian Lakuk ini agar jangan mudah ditompangi oleh segelintir orang yang punya kepentingan politik praktis dan sesaat, karena itu bisa merusak tatanan organisasi kongsi ini yang selalu mementingkan kepentingan bersama dan bukan untuk satu kelompok tertentu," tekan Penghulu Suku Jambak Nan Batujuh ini kembali.

Menurutnya, hal itu bukan tanpa alasan. Dia melihat, masih sering terjadi kalau kelompok organisasi sosial seperti kongsi ini kerap dimasuki oleh segelintir orang untuk kepentingan mereka.

"Ini harus dicegah, jangan sampai terjadi, karena akan menimbulkan keretakan sesama anggota. Dan itu harus dipahami oleh seluruh anggota," pesan Ketua DPD LPM Kota Padang ini.

Terakhir, Irwan Basir mengucapkan terima kasih kepada seluruh anggota kongsi kematian yang telah turut menjaga kekompakan dalam bermasyarakat dan bertetangga, sehingga tercipta rasa aman dan tentram di tengah masyarakat.

Selain anggota kongsi kematian, turut hadir dalam acara berbuka puasa bersama itu para tokoh masyarakat dan tokoh pemuda. (MS/Dp)

#Editor : Uki Ratlon

0 comments:

Posting Komentar

PRAKIRAAN CUACA

eqmap

SOLOK SELATAN

Iklan


POLDA SUMBAR

iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

Iklan

Iklan

Terkini

FACEBOOK - TWEETER

Iklan

BUMN

Iklan

REMAJA DAN PRESTASI

iklan

Arsip Blog