08 September 2021

Datuk Irwan Basir Bakti Sosial Donor Darah di Kampung Jawo, Warga Apresiasi Kinerja DPD LPM Padang



PADANG, (GemaMedianet.com| Ketua DPD Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kota Padang Irwan Basir Datuk Rajo Alam, SH, MM menggelar aksi kemanusiaan berupa kegiatan bakti sosial donor darah, Minggu (5/9/2021) malam.

Bakti sosial yang merupakan hasil kerjasama DPD LPM Kota Padang dengan PMI Kota Padang dilangsungkan di Kampung Jawa Dalam, RT.05/RW.06 Kelurahan Kampung Jawo, Kecamatan Padang Barat, Kota Padang.

Ketua DPD LPM Padang Irwan Basir Datuk Rajo Alam di kesempatan itu didampingi Wakil Sekretaris I Martias Sanjany, SE dan Wakil Sekretaris II Kadril Rajo Darek.

Turut hadir Sekretaris Lurah Ķampung Jawo Tedi, Ketua RW 06 Ir. Yulnasri, MM beserta ketua RT serta tokoh nasyarakat setempat.

Dalam sambutannya, Ketua DPD LPM Kota Padang Irwan Basir Datuk Rajo Alam menyampaikan kegiatan peringatan 1 Muharram dan HUT RI Ke-76 merupakan visualisasi dari tema Indonesia Tangguh dan Indonesia Tumbuh.

"Saya betul-betul sangat memberi apresiasi dan memuji kegiatan yang dilakukan oleh Pemuda-pemudi Kampung Jawo Dalam. Kegiatan ini sangat bermanfaat dalam memaknai peringatan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1443 H dan Peringatan Hari Kemedekaan RI ke-76 tahun," ujarnya.

Orang nomor satu di DPD LPM Kota Padang, Irwan Basir mengatakan, aksi kemanusiaan donor darah adalah suatu kegiatan yang sangat bermanfaat membantu sesama. Apalagi dalam suasana pandemi COVID-19 ini.

"Dengan adanya pasokan darah dari pendonor, PMI Kota Padang tentu merasa sangat terbantu dalam menyediakan darah yang sangat dibutuhkan oleh pasien di rumah sakit," ujarnya.

Sebagai Ketua DPD LPM Kota Padang, Irwan Basir juga mengucapkan terima kasih kepada Ketua Pemuda-pemudi Kampung Jawo Dalam beserta tokoh masyarakat yang telah melaksanakan berbagai kegiatan positif dan bermanfaat seperti kegiatan Lomba MTQ se Kampung Jawo yang sudah dilaksanakan beberapa waktu lalu.

Hari ini, sebutnya, juga merupakan rangkaian dari kegiatan kemanusiaan donor darah ini.

"Aplus untuk Pemuda-pemudi RW.06 Kampung Jawo beserta masyarakatnya," ucapnya.

Selain itu, Irwan Basir tidak saja hanya memuji tapi juga memberikan suport dengan membantu kegiatan tersebut berupa uang tunai yang diterima oleh Ketua Pemuda Kampung Jawo, Husni Thamrin.

Dalam aksi kemanusiaan ini, Ketua DPD LPM Kota Padang juga menyumbangkan darahnya dengan ikut sebagai peserta donor bersama Sekretaris Lurah Kampung Jawo serta Humas DPD LPM Dedi Prima.

Ketua RW.06 Yulnasri mengatakan, di wilayahnya RW.06 rutin melakukan donor darah. Kali ini dalam rangka peringatan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1443 H dan Peringatan HUT RI ke-76 warga di wilayah kecamatan Padang Barat ini juga diajak untuk donor darah dalam memenuhi kebutuhan darah di Kota Padang.

Dijelaskan Yulnasri, bahwa donor darah membawa dampak yang baik terhadap sesama, terutama bagi pasien yang benar-benar membutuhkan transfusi darah.

"Banyak sekali orang yang menunggu uluran tangan kita, seperti Thalasemia, kanker, orang yang sedang cuci darah dan penyakit yang membutuhkan transfusi darah," ujar Yulnasri.

Selain itu, Yulnasri juga menyampaikan donor darah memberikan dampak kesehatan yang baik bagi tubuh. Dia pun berharap, ke depan donor darah dapat menjadi bagian dari gaya hidup.

"Karena dengan mendonor darah, tubuh menjadi lebih sehat dan bugar. Saya ucapkan terima kasih kepada pendonor yang telah rutin mendonorkan darah dan menjadikan gaya hidup sehat," kata Yulnasri.

Sementara dr. Revida Ulfa dari PMI Kota Padang menyampaikan, PMI Kota Padang saat ini terus memenuhi permintaan darah di berbagai rumah sakit, baik milik pemerintah maupun swasta.

Kebutuhan darah itu juga cukup tinggi, sedangkan stok darah yang ada sangat terbatas, terlebih kebutuhan donor plasma konvalesen yang dibutuhkan untuk terapi tambahan penyembuhan pasien COVID-19.

Tak lupa dia juga mengapresiasi kinerja DPD LPM Kota Padang dan para penggiat kemanusiaan dalam membantu masyarakat di Kota Padang, terkait urusan ketersediaan darah.

"Semoga dengan saling membantu, banyak masyarakat yang terselamatkan," ucapnya.

Ditambahkan dr. Revida Ulfa, dalam kegiatan donor darah ini pihaknya tetap menjalankan protokol kesehatan seperti menggunakan masker, mencuci tangan dan pengecekan suhu bagi para pendonor yang ingin mendonorkan darahnya.

Di tempat yang sama, Ketua Pemuda Kampung Jawo Dalam, Husni Thamrin mengucapkan terima kasih sekali atas kehadiran Ketua DPD LPM Kota Padang. Bagi masyarakat Kampung Jawo Dalam, Datuk Irwan Basir sudah sangat dikenal dan selalu hadir dalam kegiatan masyarakat seperti saat penutupan MTQ masyarakat Kampung Jawo Dalam kemarin, yang juga dihadiri dan membantu acara tersebut.

"Atas nama Pemuda RW.06 Kampung Jawo saya mengucapkan terima kasih sekali atas segala bantuan yang beliau berikan, baik moril maupun materil. Mudah-mudahan menjadi amal ibadah bagi Bapak Irwan  Basir," pungkasnya. (Dp/MS)

#Editor : Uki Ratlon

0 comments:

Posting Komentar

PRAKIRAAN CUACA

eqmap

SOLOK SELATAN


POLDA SUMBAR

iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

Iklan

Iklan

Terkini

Iklan

FACEBOOK - TWEETER

Iklan

BUMN

Iklan

REMAJA DAN PRESTASI

iklan