17 January 2017

148 Sekolah Siap UNBK, Sumbar Optimis UN Berjalan Lancar


PADANG, (GMn)— Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) akan melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) pada April –Mei mendatang. 

Untuk Provinsi Sumatera Barat, dari 1271 SMP/MTs, SMA/MA, SMK se Sumatera Barat saat ini baru sebanyak 148 sekolah yang dinyatakan siap untuk mengikuti UNBK. Sementara sekolah lainnya, meski terkendala belum memiliki peralatan UNBK, menyatakan tetap siap mengikuti UN.

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat melalui Kepala Bagian Perencanaan, Jondri Busafril mengatakan, 148 sekolah yang siap untuk mengikuti UNBK tersebut tersebar di sejumlah kabupaten/kota diantaranya 34 SMP/MTs, 34 SMA/MA dan 80 SMK.

Meski demikian, kata Jondri Busafril, pemerintah telah mengeluarkan kebijakan, baru bahwa, sekolah yang belum menerapkan UNBK dapat menumpang tempat pada sekolah UNBK. 

“SMA 1 siap UNBK misalnya, maka SMK yang belum menerapkan UNBK dapat menumpang tempat pada SMA 1 tersebut. Begitu pun SMP/MTs, dapat menumpang tempat pada SMA/MA atau SMK. Begitu juga sebaliknya, komputer dapat digunakan secara bergantian,” terang Jondri Busafril, Jum’at (12/1/2017).

Kebijakan itu diambil, karena masing-masing sekolah memiliki perbedaan jadual pelaksanaan UN. Untuk SMK mulai 3-6 April 2017, dan SMA/MA tanggal 10-13 April 2017. Sedangkan SMP/MTs dilaksanakan dalam dua gelombang, pertama mulai tanggal 2,3, 4, 15 Mei 2017, dan gelombang kedua UN SMP/MTs berlangsung pada 8, 9, 10, dan 16 Mei 2017.

“Dengan demikian kita optimis pelaksanaan UNBK tetap berjalan sesuai jadual yang telah ditentukan,” tukas Jondri Busafril.

Seperti diketahui kebutuhan perangkat komputer ditambah server untuk satu sekolah dalam pelaksanaan UNBK , adalah sepertiga dari jumlah peserta UN. Artinya untuk mengikuti UNBK saat ini disyaratkan hanya memiliki satu server dengan 20 unit komputer. (ki)

0 comments:

Post a Comment

SEMSI

SEMSI

Galeri Iklan

Statistic Views

Terkini

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN
** Group Media Sumbar **

FACEBOOK - TWEETER

Google+ Badge