26 February 2017

Lima DTU Tahun 2016 Terima Penghargaan Dari Kemendag


BALI, (GemaMedianet.com) Sebanyak lima kabupaten/kota yang ditetapkan sebagai Daerah Tertib Ukur (DTU) Tahun 2016, menerima piagam  penghargaan dari Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita di Badung, Bali,  Jum’at (24/2/2017). 

Kelima daerah tersebut berdasarkan Keputusan Menteri Perdagangan Republik Indonesia No. 1252/M-DAG/KEP/11/2016 tentang Penetapan DTU Tahun 2016, yakni Kabupaten Badung, (Bali),  Kota Yogyakarta (Daerah Istimewa Yogyakarta/DIY), Kabupaten Bantul (DIY), Kabupaten Serang (Banten), dan Kota Banjarmasin (Kalimantan Selatan). 

Kelima daerah ini dianggap telah memenuhi syarat yang ditetapkan Kementerian Perdagangan. Penetapan ini merupakan upaya pemerintah melindungi konsumen agar mendapatkan hasil pengukuran yang benar dan jujur dalam transaksi perdagangan. 

Selain menetapkan DTU, Mendag juga meresmikan penetapan 256 pasar rakyat yang tersebar di wilayah kerja BSML Regional I,II, III dan IV sebagai Pasar Tertib Ukur (PTU) Tahun 2016. 

“Penetapan ini akan memberikan citra positif bagi daerah dan pasar rakyat. Pemerintah berupaya terus-menerus melindungi setiap konsumen agar mendapatkan kebenaran hasil pengukuran dalam transaksi perdagangan,” kata Mendag Enggar pada acara Penetapan DTU dan PTU tersebut.

Mendag di kesempatan itu mencanangkan 150 calon PTU Tahun 2017 dan 6 daerah calon DTU Tahun 2017. Daerah dan pasar yang akan ditetapkan sebagai daerah dan pasar tertib  ukur akan melalui beberapa tahapan hingga akhirnya ditetapkan sebagai PTU dan DTU Tahun  2017.

Tahapan dilakukan secara sinergis antara Direktorat Metrologi dan Unit Metrologi Legal  yang berada di dinas kabupaten/kota yang membidangi perdagangan. 

Sementara Calon DTU Tahun 2017, yaitu Kabupaten Deli Serdang (Sumatera Utara); Kota Padang Panjang (Sumatra Barat), Kota Tangerang (Banten), Kota Denpasar (Bali), Kabupaten Kolaka (Sulawesi Tenggara),  dan Kota Parepare (Sulawesi Selatan).

"Pembentukan DTU dan PTU dapat terwujud berkat koordinasi, sinkronisasi, harmonisasi, dan kerja sama yang baik antara Ditjen Perlindungan Konsumen dan Tata Niaga bersama Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota,”sebutnya

Ia menambahkan, tugas Kemendag untuk terus mendorong pemerintah daerah meningkatkan pelayanan kemetrologian sebagai bentuk kehadiran negara dalam melindungi rakyatnya.

Turut hadir pada kesempatan itu Walikota Padang Panjang Hendri Arnis, Walikota Pariaman Mukhlis Rahman, Walikota Pare Pare Taufan Pawe, Wakil Walikota Tangerang Sachrudin, Sekda Denpasar AA Ngurah Rai Iswara, dan Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kabupaten Kolaka M. Kasim Madaria.

Pada kesempatan tersebut, Mendag juga menyerahkan bantuan timbangan sebanyak 5.000 unit kepada pedagang mikro dan 50 unit timbangan ukur ulang untuk ditempatkan di pasar rakyat kepada 5 kabupaten/kota yang telah ditetapkan mejadi DTU Tahun 2016 tersebut

"Semoga keberhasilan yang telah dicapai kelima kabupaten/kota yang menjadi DTU Tahun 2016 dapat dijadikan contoh bagi pemerintah kabupaten/kota lainnya untuk mewujudkan daerahnya menjadi DTU," ulas Mendag. (hid/ic)

0 comments:

Post a Comment

SEMSI

SEMSI

Galeri Iklan

Statistic Views

Terkini

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN
** Group Media Sumbar **

FACEBOOK - TWEETER

Google+ Badge