12 Oktober 2017

Tim Survey Arsitek, Budaya dan Pariwisata Empat Hari Jelajahi Nagari Saribu Rumah Gadang



SOLSEL, (GemaMedianet.com) — Selama beberapa hari ke depan, mulai 10 -14 Oktobat 2017 Tim Survey  yang beranggotakan Enam Tim ahli Arsitektur, Budaya dan Pariwisata bakal menjelajahi Nagari Saribu Rumah Gadang (SRG), serta menikmati sensasi bermalam di Rumah Gadang, Solok Selatan (Solsel).

Tim Survey terdiri dari Yori Antar, seorang Arsitek Alumni Universitas Indonesia (UI) yang menjadi bagian dalam rombongan jelajah SRG tersebut memiliki julukan sebagai "Pendekar Arsitektur Nusantara", karena fokusnya dalam melestarikan warisan arsitektur lokal berupa rumah-rumah adat di berbagai belahan Indonesia.

Kemudian ada nama Nadya Azalia dan Hasmurdi Hasan, masing masing seorang Arsitektur dan Budayawan. Ada lagi, Jay Subiyakto, dikenal sebagai sutradara dan produser yang sudah menghasilkan banyak karya di Indonesia. Berikutnya, Alfianto Domy Aji, dan Nofrin Napilus, keduanya merupakan Pegiat Pariwisata.

Seperti diketahui, beberapa waktu lalu, Bupati Solsel H. Muzni Zakaria menyampaikan harapannya, bagaimana pun kedatangan tamu-tamu tersebut dapat menarik wisatawan untuk terus datang ke Nagari Saribu Rumah Gadang, serta dapat pula memberikan saran-saran terkait pengembangan wisata SRG ini tahun-tahun yang akan datang.

Nofrin, salah seorang penggiat pariwisata yang ikut dalam rombongan tersebut mengatakan bahwa kedatangan Jay Soebiakto, Yori Antar & Team, di Saribu Rumah Gadang ini atas undangan Bupati Solok Selatan H. Muzni Zakaria dan Anggota KEIN Dony Oskaria.

"Disamping untuk menikmati keindahan SRG, tim juga akan melihat rencana pengembangan sebagai Kampung Adat Nusantara untuk Pelestarian dan pengembangan pariwisata," terang Nofrin.

Ia juga menjelaskan, di kawasan dengan jumlah Rumah Gadang yang mencapai 130-an ini sudah ada 10 unit Rumah Gadang yang operasional sebagai Homestay.

"Semoga aspek homestay ini akan lebih berkembang lagi ke depan, dan bisa ikut mendukung Program 10.000 homestay dari Kemenpar. Mohon dukungan kita semua," tukas Nofrin. (fys/rel)

0 comments:

Posting Komentar

PRAKIRAAN CUACA

eqmap

SOLOK SELATAN


POLDA SUMBAR

iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

Iklan

Iklan

Terkini

Iklan

FACEBOOK - TWEETER

Iklan

BUMN

Iklan

REMAJA DAN PRESTASI

iklan