Ruang Iklan Anda

09 September 2019

Sekwan Sambut Hangat Kunjungan Siswa SD Yari School Padang di DPRD Sumbar


PADANG(GemaMedianet.com Sebanyak 90 siswa-siswi Sekolah Dasar Yayasan Anak Republik Indonesia (SD Yari) School Kota Padang mengunjungi gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sumatera Barat Jalan Khatib Sulaiman No.87 Padang, Selasa (9/9/2019). 

Kedatangan siswa-siswi berseragam merah putih yang dipimpin Wakil Kepala SD Yari School, Septia Meri bersama guru pendamping dalam rangka memperkenalkan lembaga DPRD secara langsung kepada siswa-siswi tersebut disambut hangat Sekretaris DPRD  (Sekwan) Provinsi Sumatera Barat, Reflis beserta Kasi Publikasi Lazuardi dan staf. 

Sekwan Reflis di kesempatan itu memberikan apresiasi atas kedatangan para siswa-siswi SD Yari School di Gedung DPRD Sumbar dalam rangka mengenal dari dekat DPRD sebagai lembaga perwakilan rakyat. 

Tidak saja memberi apresiasi kepada para siswa, Sekwan Raflis juga mengapresiasi para guru  yang telah berkenan mengajak para siswanya untuk mengunjungi gedung DPRD guna memberikan pemahaman dan pengenalan lembaga DPRD kepada anak asejak dini.


Bahkan dengan senang hati dan bahasa yang dimengerti oleh anak-anak, Sekwan Reflis selanjutnya memberikan penjelasan seputar lembaga DPRD. 

Sekwan Reflis kemudian mengawali penjelasannya dengan menyampaikan tugas dan fungsi DPRD. Menurut Reflis, DPRD mempunyai tiga fungsi, yakni Legislasi, Anggaran dan Pengawasan. 

"Sebagai lembaga legislasi DPRD memiliki fungsi membentuk peraturan daerah bersama-sama gubernur. Kemudian Fungsi Anggaran, yakni membahas dan memberikan persetujuan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) bersama-sama gubernur. Sedangkan Fungsi Pengawasan, yakni pengawasan terhadap pelaksanaan peraturan perundang-undangan, peraturan gubernur, keputusan gubernur dan kebijakan yang ditetapkan oleh Pemerintah Daerah dan sebagainya," terang Reflis.

Sementara para siswa-siswi usai memperkenalkan diri melalui guru pembimbingnya penuh antusias melayangkan sejumlah pertanyaan kepada Sekwan. 

Dari mulai kapan berdirinya DPRD, Bagaimana DPRD mengambil keputusan? Apa Beda DPRD DPR RI dan DPD RI ? Berapa Perda yang sudah disahkan, Apa syarat menjadi anggota DPRD, serta berbagai pertanyaan yang menurut para siswa-siswi perlu menambah wawasan dan pengalamannya setelah mengunjungi gedung DPRD. 

"Secara lengkap dan detail bagaimana DPRD sepanjang masa dapat juga dilihat di pustaka Setwan," ujar Reflis menambahkan. 

Usai memberikan penjelasan panjang lebar, para siswa-siswi, guru bersama Sekwan meninjau satu per satu ruang kerja di gedung DPRD, mulai dari ruang anggota DPRD, ruang fraksi-fraksi, ruang komisi, dan ruang rapat paripurna. 

Sebelumnya, Wakil Kepala SD Yari School, Septia Meri menjelaskan, kedatangan para siswanya ke gedung DPRD adalah dalam rangka pengenalan langsung kelembagaan DPRD kepada siswa.

Menurutnya, dengan cara belajar langsung seperti ini, siswa diharapkan dapat meningkatkan pemahamannya terhadap kelembagaan DPRD.

Masih menurut Septia Meri, ada perbedaan daya serap dan daya ingat usia anak–anak antara hanya mendengarkan dengan belajar langsung ke lapangan. 

Pengalaman di lapangan lebih cepat dipahami dan diingat daripada hanya dengan mendengar penjelasan guru di kelas.

"Jadi, dengan membawa anak – anak langsung ke gedung DPRD, tentunya hasil yang dicapai dalam pembelajaran dapat lebih maksimal,” ulasnya.

Kegiatan kunjungan siswa-siswi SD Yari School tersebut kemudian diakhiri dengan foto bersama dengan Sekwan Reflis beserta jajaran. (uki) 

0 komentar:

Post a Comment

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

Florikultura Indonesia 2019 dan Pedatani

Ekonomi Bisnis

IKLAN

IKLAN

Terkini

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

FACEBOOK - TWEETER