05 Agustus 2019

Abrasi Kembali Landa Pantai Nagari Api-api, Pohon Pengaman Pantai Tumbang dan 10 Perahu Rusak


PESSEL(GemaMedianet.com— Abrasi kembali melanda Pantai Nagari Api-api Kecamatan Bayang, Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), Sumatera Barat, Senin (5/8/2019). Akibat bencana tersebut puluhan Pohon Vinus pengaman pantai tumbang, dan 10 perahu nelayan rusak tertimpa pohon dan hantaman gelombang abrasi.

Wali Nagari Api-api, Aziyul Anafi saat meninjau lokasi kejadian mengatakan, abrasi ini sudah terjadi sejak Kamis (1/8 - red) dan hari ini (Senin, 5/8 red) yang lebih parah.

"Terkait kejadian itu pada hari Jum'at kemarin kami telah memasukan laporan ke Dinas PSDA, BPBD dan Bupati Pessel," ujarnya.

Selain menumbangkan Pohon Vinus pengaman pantai dan perahu nelayan, abrasi juga mengancam permukiman warga masyarakat setempat. Tidak hanya permukiman warga, bahkan jalan nasional pun terancam. Pasalnya, jarak bibir pantai dan jalan lintas Barat Sumatera itu berkisar 100 meter saja.


"Jika abrasi kembali terjadi, rumah penduduk pasti akan terkena dampaknya. Kita berharap kepada pemerintah daerah mapun pusat untuk memasang batu pengaman pantai," harapnya.

Dikatakannya, laporan yang dikirim ke pihak tekait itu hendaknya diproses secepatnya. 

"Jika saat ini, baru korban harta yang terjadi, namun jika ini terus-menerus terjadi, tentunya akan memakan korban jiwa. Dan yang kita khawatirkan jika bencana itu datang pada malam hari, sebab bencana itu tidak bisa diprediksi kapan datangnya," katanya.(don) 

0 comments:

Posting Komentar

PRAKIRAAN CUACA

eqmap

SOLOK SELATAN

Iklan


POLDA SUMBAR

iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

Iklan

Iklan

Terkini

FACEBOOK - TWEETER

Iklan

BUMN

Iklan

REMAJA DAN PRESTASI

iklan