06 April 2019

Baralek Keluarga Besar Evi Yandri Rajo Budiman, Silat dan Seni Budaya Minangkabau Dilestarikan


PADANG, (GemaMedianet.com) — Tradisi keluarga besar Evi Yandri Rajo Budiman menampilkan pertunjukan seni dan budaya Minangkabau dalam setiap acara baralek (pesta pernikahan) terus terjaga hingga hari ini.

Kali ini pada acara pesta pernikahan Murni-Azmi dan Ratna-Rian di Kuranji, Padang, Jumat malam (5/4/2019) pertunjukan atraksi beladiri Silat serta seni dan budaya khas Minangkabau lainnya kembali ditampilkan dan berlangsung meriah.

Di kesempatan itu para pendekar Minang yang datang dari berbagai perguruan/ sasaran di Kota Padang unjuk kebolehan beladirinya lewat berbagai atraksi yang sempat mengundang decak kagum para undangan yang berhadir.

Ada sekitar 20 perguruan/sasaran silat yang dari berbagai pelosok negeri di Ranah Bingkuang hadir memperlihatkan ketangguhan dan kebolehannya masing-masing pada acara bersahaja tersebut.

Tampak hadir di tengah keramaian itu sejumlah pengurus dan keluarga besar Ikatan Keluarga Wartawan Republik Indonesia (IKW RI) Sumatera Barat yang datang memenuhi undangan dari  keluarga besar Evi Yandri Rajo Budiman.

Selaku sipangka (tuan rumah), Evi Yandri Rajo Budiman yang juga menjabat sebagai Sekretaris Forum Nagari Tigo Sandiang ini mengatakan, pertunjukan Silat dalam acara baralek kali ini sudah menjadi tradisi keluarga apabila ada yang menikah.

Ia juga menyebutkan, pada pesta baralek Murni-Azmi dan Ratna-Rian ini, selain pertunjukan beladiri silat, juga ada pertunjukan seni dan budaya Minang lainnya seperti tari tarian dan sipak rago.

Menurutnya, seni dan budaya Minangkabau harus terus dijaga dan dilestarikan. Sekaitan itu sebagai bentuk kepedulian terhadap seni dan budaya tersebut, ada sekitar 20 perguruan/sasaran silat yang diundang hadir memeriahkan alek dari berbagai pelosok negeri di Kota Padang.

"Ini sangat penting dilakukan, agar apa yang telah menjadi aset seni dan budaya Minangkabau selama ini tidak hilang ditelan zaman," harap Evi Yandri Rajo Budiman yang juga maju sebagai calon anggota legislatif (Caleg) pada DPRD Provinsi Sumatera Barat di Pemilu 2019 tanggal 17 April 2019 mendatang. (ki) 

0 komentar:

Post a Comment

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

IKLAN

IKLAN

Terkini

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

FACEBOOK - TWEETER