Ruang Iklan Anda

27 February 2019

Pemko Padang Kembali Anggarkan Dana Pendataan PBDT 2019


PADANG(GemaMedianet.comPemerintah Kota (Pemko) Padang melalui Dinas Sosial telah menganggarkan dana melalui APBD Kota Padang Tahun Anggaran 2019 sebesar Rp.789.8 Juta untuk melakukan pendataan Pemutakhiran Basis Data Terpadu (PBDT). Ini merupakan tahun kedua Pemerintah Kota Padang menganggarkan pelaksanaan kegiatan ini dalam APBD Kota Padang.

Hal itu dikatakan Plt Kepala Dinas Sosial Kota Padang, Afriadi disela-sela kegiatan acara sosialisasi pendataan Pemutakhiran Basis Data Terpadu Kota Padang Tahun 2019 di Hotel Axana Jalan Bundo Kanduang No.14 Padang, Selasa (26/2/2019).

Lebih jauh dikatakan Afriadi, pemutakhiran data ini dilakukan dengan harapan semua penduduk miskin di Kota Padang dapat kita lakukan verifikasi dan validasi dengan baik, sehingga rumah tangga atau data penerima bantuan sosial benar-benar tepat sasaran.

“Penduduk Miskin yang belum terdaftar dalam data BDT dapat diusulkan jika memenuhi kriteria Permensos No.146 Tahun 2013 tentang kriteria fakir miskin,” terang Afriadi.

Selanjutnya dijelaskan Afriadi, proses kegiatan pendataan PBDT dilaksanakan oleh pekerja sosial masyarakat (PSM) mulai dari RT, RW dan ditetapkan melalui Musyawarah Kelurahan (Muskel) verifikasi dan Validasi bagi meninggal, pindah yang mengalami peningkatan ekonomi, dan pengusulan rumah tangga miskin yang belum masuk ke dalam BDT dan selanjutnya dilaporkan ke tingkat kecamatan.

“Kepada seluruh SKPD terkait, Camat dan Lurah saya harapkan untuk mempersiapkan dan mengawal pelaksanaan kegiatan pendataan BDT ini pada masing-masing wilayah menuju data program yang tepat sasaran,” harap Afriadi.

Sementara itu pelaksana kegiatan Salman menyampaikan, dalam rangka meningkatkan pencapaian program kegiatan pemutakhiran Basis Data Terpadu, maka perlu dilakukan sosialisasi secara berjenjang dan berkelanjutan.

Peserta sosialisasi kegiatan pendataan PBDT Kota Padang Tahun 2019 ini berjumlah 60 orang terdiri dari, Kasi Kesos, TKSK Se-Kecamatan Kota Padang, DKK, Kesra, Bappeda, Perikanan dan Kelautan serta Dinas Ketahanan Pangan.

Sedangkan untuk narasumber dalam sosialisasi tersebut antara lain, Kepala Dinas Sosial Provinsi Sumbar, Kepala Bappeda Kota Padang, Kepala Dinas Sosial Kota Padang.

“Mudah-mudahan acara sosialisasi ini berjalan dengan lancar dan berharap dengan dilaksanakannya kegiatan ini rumah tangga  penerima bantuan sosial benar-benar tepat sasaran,” tuturnya.(VN/Hms)

0 komentar:

Post a Comment

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

Florikultura Indonesia 2019 dan Pedatani

Ekonomi Bisnis

IKLAN

IKLAN

Terkini

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

FACEBOOK - TWEETER