Selasa, 29 Agustus 2017

Oni Yulfian: Perkaya Informasi Sejarah Ditiap Rumah Gadang Secara Detil


SOLSEL, (GemaMedianet.com) – Kepala Dinas Pariwisata Sumatera Barat (Sumbar), Oni Yulfian berharap adanya informasi detil terkait sejarah atau nilai historis ditiap Rumah Gadang (RG), terutama di ikon objek wisata Solok Selatan (Solsel) kawasan Saribu Rumah Gadang (SRG).

Ia meyakini, dengan adanya informasi atau cerita yang detil akan mengobati rasa penasaran pengunjung atau wisatawan. "Biasanya, pengunjung ingin tau banyak akan cerita sejarah, apalagi wisata berbasis 'heritage' tentunya ini harus menjadi perhatian kita," katanya.

Informasi tersebut bisa dimunculkan ditiap RG baik berupa foto dokumentasi lama, peninggalan peralatan zaman dulu dan lainnya. "Untuk itu diperlukan peran pemandu atau guide yang kualified. Kerena merekalah yang akan menginterpretasikan nantinya pada pengunjung," lanjutnya.

Menurutnya, pariwisata itu terkait dalam dua hal yakni terkait produk dan promosi. 'Khusus untuk kawasan SRG produk bagus. apalagi masyarakatnya, bersedia menjadikan tempat mereka sebagai lokasi pariwisata," tambahnya.

Ia menyebutkan, SRG sudah sangat spesifik namun perlu pembenahan-pembenahan yang sesuai keinginan wisatawan. "Wisatawan inginnya yang bersih, nyaman dan itu tercakup dalam sapta pesona. Terutama, penampilan atraksi kesenian khas lokal. Namun, setelah saya melihat kawasan itu. Sapta pesona perlu ditingkatkan. Keindahannya, kebersihan serta keamanan," lanjutnya.

Ia melanjutkan, wisatawan juga butuh souvenir atau buah tangan yang bakal dibawa wisatawan pulang. "Dari sisi produk harus diperhatikan. Selain unik juga mengutamakan kualitas produk. Secara bertahap ini harus diupayakan," sebutnya. (Fys/rel)

0 komentar:

Posting Komentar

SEMSI

SEMSI

Galeri Iklan

Statistic Views

Terkini

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

FACEBOOK - TWEETER

Google+ Badge

** Group Media Sumbar **