Ruang Iklan Anda

02 September 2019

Bundo Kanduang Bentuk Karakter Generasi Muda Berbasis ABS-SBK, Ketua GOW Ajak Kembali ke Surau


PADANG(GemaMedianet.com— Ketua Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kota Padang, Genny Putrinda menyambut baik inisiatif Bundo Kanduang Kota Padang, yang mengundang generasi muda tingkat SMA/SMK se-Kota Padang untuk mengikuti kegiatan "Pembentukan Karakter Generasi Muda yang Berbasis Adat Basandi Syara'-Syara' Basandi Kitabullah (ABS-SBK).

Dalam kegiatan yang dilangsungkan di Palanta Rumah Dinas Wali Kota Padang, Senin (2/9/2019) itu, juga dikemas dengan pelantikan Rang Mudo dan Puti Bungsu.

Dalam sambutannya Ketua GOW, Genny mengatakan, kegiatan ini bernilai penting sebagai upaya pengembalian fungsi dan pencitraan dari falsafah ABS-SBK kepada generasi muda Minangkabau di Kota Padang. Terlebih, pada zaman globalisasi saat ini cenderung banyak yang dapat merusak akhlak dan menghapus nilai-nilai budaya khususnya terhadap norma adat dan agama di Minangkabau. 

"Tidak hanya itu, dampak budaya asing yang digandrungi oleh para generasi muda saat ini telah menyebabkan mereka tidak lagi mempedulikan dan memelihara rasa nasionalisme atas sejarah dan budaya asli. Padahal, adat sopan santun, tata krama atau yang disebut dengan etika telah menjadi bahagian dari kehidupan masyarakat kita di Minangkabau," jelas Genny.

Maka dari itu, Ketua GOW Kota Padang itu mengimbau semua pihak untuk bersama-sama mewujudkan kembali nilai-nilai ABS-SBK dalam tatanan kehidupan generasi muda di Minangkabau. Dimana untuk ini perlu adanya pendidikan yang menyeluruh yang tertuang dalam program-program edukasi yang saran akan pemahaman nilai-nilai dari ABS-SBL baik secara formal atau informal.

Di kesempatan itu Genny juga mengajak para Bundo kanduang untuk sama-sama mengajak para generasi muda menghidupkan kembali generasi 'Kembali ka surau' yang dapat dijadikan sebagai sarana pendidikan sebagaimana yang diajarkan dalam agama Islam. 

"Tidak hanya ibadah shalat dan mengaji, surau dapat dikembangkan menjadi tempat untuk menciptakan inovasi, kreatifitas dan bakat generasi muda serta mengarahkannya kepada tuntunan Islam seperti program dakwah, tausiah, musik Islami dan kegiatan positif lainnya," ujarnya. 

Kepada Bundo kanduang dan orangtua, Genny mengingatkan, sangat penting memberikan perhatian dan pembinaan bagi generasi muda dan anak-anak kita. Dimana Pemko Padang telah menerapkan Program 1821 selaku program penguatan keluarga disertai program keagamaan lainnya. 

"Itulah harapan kita bersama, semoga kita sama-sama memberikan perhatian kepada generasi muda di Kota Padang untuk terciptanya generasi muda yang berkualitas dan berakhlak mulia di kota ini," pungkas istri Wakil Wali Kota Padang Hendri Septa itu mengakhiri. 

Kegiatan ini menghadirkan Ketua Bundo Kanduang Provinsi Sumbar Prof. Ir. Hj. Raudha Taib selaku narasumber serta Ketua TP-PKK Kota Padang Ny. Harneli dan Ketua Bundo Kanduang Kota Padang Ny. Fauzia Zainin. Selain itu juga hadir unsur LKAAM Kota Padang dan pihak terkait lainnya. (humas)

0 komentar:

Post a Comment

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

Florikultura Indonesia 2019 dan Pedatani

Ekonomi Bisnis

IKLAN

IKLAN

Terkini

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

FACEBOOK - TWEETER