31 August 2019

Padang Semarakkan Detik-detik Pergantian Tahun Baru Islam 1441 Hijriah Dengan Pawai Obor


PADANG(GemaMedianet.com— Momen pergantian Tahun Baru Islam 1441 Hijriah diperingati dan dirayakan dengan semarak di sejumlah daerah di Indonesia. Setiap daerah memiliki cara tersendiri dalam merayakan tahun baru tersebut, salah satunya Kota Padang.

Pemerintah Kota (Pemko) Padang melalui Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) menggelar berbagai kegiatan keagamaan yang dikemas dalam tajuk Pekan Muharram 1441 Hijriah, sejak 27-29 Agustus 2019. 

Kegiatan dimulai dari Lomba Nasyid antar murid SMP/MTs se-Kota Padang, lalu Lomba Qasidah Rebana antar Majelis Ta'lim antar utusan kecamatan serta Lomba Da'i Cilik antar pelajar tingkat SD/MI utusan tiap kecamatan se-Kota Padang. 

Kegiatan yang melibatkan generasi penerus bangsa ini penting untuk diikuti. Oleh karena perayaan tahun baru Islam perlu diisi dengan berbagai kegiatan positif dan keagamaan yang pada gilirannya akan membentuk karakter Bangsa ini. 


Sementara pada peringatan detik-detik pergantian tahun baru Islam 1 Muharram 1441 pada 31 Agustus 2019, digelar pawai obor yang diikuti dan dimeriahkan para santri TPQ/TQA dan MDT yang ada di Ibukota Provinsi Sumatera Barat tersebut. 

Kegiatan ini dipusatkan di pelataran parkir Masjid Agung Nurul Iman dengan dibuka secara resmi oleh Wakil Walikota Padang, Hendri Septa.

Turut hadir dikesempatan itu Wakil Ketua DPRD Kota Padang sementara Arnedi Yarmen, Kepala Kantor Kemenag Kota Padang Marjanis, unsur Forkopimda, tokoh agama, bundokanduang serta sejumlah pimpinan OPD dan stakeholder terkait lainnya.


Wakil Walikota Hendri Septa dalam sambutannya menyampaikan, atas nama Pemerintah Kota Padang sangat menyambut baik digelarnya berbagai kegiatan religi dalam memperingati pergantian tahun baru Islam 1440 H menuju 1441 Hijriah. 

"Kami mengucapkan selamat tahun baru Islam 1441 Hijriah bagi masyarakat Kota Padang khususnya. Mari kita maknai tahun baru hijriah ini sebagai semangat dan langkah untuk hijrah menjadi manusia yang lebih baik lagi ke depan," imbau wawako.

Hendri Septa menjelaskan, hijrah dimaksud adalah bukan hijrah melangkah jauh, tapi adalah kemauan untuk meninggalkan hal-hal yang tak baik selama ini dikerjakan baik disengaja ataupun tidak disengaja. 


"Insya Allah, semoga doa niat kita diijabah oleh Allah SWT. Harapan kita tentu pada tahun baru Islam 1441 H ini, semua cita-cita dan keinginan kita dapat tercapai dan kita gapai. Tentu hal itu didapat dengan semangat juang bagaimana kita menyusun strategi untuk meraih keberhasilan dan menjadi lebih baik lagi di tahun 1441 H ini," tukuknya.

Pada kesempatan itu, Wawako Hendri Septa juga melakukan pencanangan secara resmi gerakan "Mari Berwakaf Untuk Membangun Ekonomi Umat".

Sebelumnya, Kepala Bagian Kesra Setda Kota Padang, Jamilus menyebutkan, tujuan dilaksanakan Pekan Muharram 1441 Hijriah ini adalah untuk  menyemarakkan datangnya Tahun Baru Islam sekaligus memupuk persaudaraan antar sesama warga Kota Padang. 


"Pemko berharap dengan momen pergantian tahun ini menjadi evaluasi untuk masyarakat, dan Kota Padang yang lebih baik lagi ke depan," tukasnya.(Em/Rel)

0 komentar:

Post a Comment

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

Florikultura Indonesia 2019 dan Pedatani

Ekonomi Bisnis

IKLAN

IKLAN

Terkini

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

FACEBOOK - TWEETER