18 June 2019

Entaskan Kemiskinan di Tengah Keterbatasan Anggaran, Padang Utara Luncurkan Program "Persaudaraan Madani"


PADANG(GemaMedianet.com— Keterbatasan anggaran tidak menjadi halangan bagi Pemerintah Kecamatan Padang Utara untuk ikut berperan mengentaskan kemiskinan di wilayahnya. Kali ini lewat program "Persaudaraan Madani" Camat Editiawarman meluncurkan program dimaksud pada bulan Ramadhan 1440 Hijriah lalu, Jum'at (31/5/2019).

Camat Editiawarman mengatakan, Persaudaraan Madani merupakan program yang bertujuan untuk menurunkan tingkat kemiskinan di wilayah Kecamatan Padang Utara sekitar 3018 Kepala Keluarga (KK). 

Lewat "Persaudaraan Madani", sebutnya, maka keluarga kaya kita persaudarakan dengan keluarga miskin. Untuk debut pertama saat yang dilaunching pada bulan Ramadhan 1440 Hijriah lalu, sebanyak 54 KK keluarga miskin dipersaudarakan dengan keluarga kaya. 

"Untuk jalannya program "Persaudaraan Madani" ini kita mulai dari pejabat struktural di lingkungan kantor Camat Padang Utara," ujar Camat Terbaik Tahun 2019 ini kepada GemaMedianet.com usai menghadiri pertemuan bulanan PKK di aula kantor camat setempat, Senin (17/6) sore.

Dijelaskan, semua pejabat struktural di kantor camat dipersaudarakan dengan satu keluarga yang kurang mampu. Apa yang menjadi bentuk bantuannya, diserahkan kepada para pejabat struktural bersangkutan.

"Alhamdulillah, pada saat Launching 31 Mei lalu, sebanyak empat paket sembako kita serahkan," terang Editiawarman.

Begitu juga selanjutnya pasca Ramadhan, karena namanya juga saudara maka mau dibantu dengan uang sekolah anak, mau dibantu berupa beras kembali lagi kepada yang membantu. 

Masih menurut Editiawarman, program ini nantinya akan terus dikembangkan. 

"Kita akan cari lagi keluarga-keluarga kurang mampu, dan akan disosialisasikan lewat RT/RW dan kelurahan. Mereka nanti akan kita terus kita persaudaraan," ungkapnya. 

Editiawarman menambahkan, program ini merupakan gerakan konkrit yang sesuai dengan syariat Islam. Yakni orang yang mampu membantu saudaranya yang miskin atau dhuafa. 

"Jika diformalkan tidak ada anggarannya, hanya berbasis kepedulian semata. Namun Alhamdulillah, Padang Utara bisa mendapatkan 54 KK," cakapnya. 

Selanjutnya, lewat pertemuan yang digelar satu kali sebulan, 54 KK akan dikumpulkan dan dicarikan program-program tambahan seperti pelatihan memasak, pelatihan merawat tubuh/badan. Sehingga keluarga miskin memiliki keahlian dan dapat menambah penghasilan keluarga. Bisa juga dalam bentuk pakaian bekas dan sebagainya. 

Editiawarman berharap, lewat cara konkrit "Persaudaraan Madani" yang sesuai dengan syariat Islam ini dapat membantu menuntaskan kemiskinan di wilayah Kecamatan Padang Utara. 

"Dengan tujuan sedemikian, maka ke depan untuk menyukseskan program "Persaudaraan Madani" ini kita targetkan 1 KK 1 Kelurahan," pungkasnya. (mr) 

0 komentar:

Post a Comment

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

IKLAN

IKLAN

Ekonomi Bisnis

IKLAN

IKLAN

Terkini

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

FACEBOOK - TWEETER