12 Juni 2018

Jelang Lebaran, Harga Kebutuhan Pokok di Sumbar Masih Stabil


PADANG, (GemaMedianet.com) — Sepekan menjelang Hari Raya Idul Fitri, harga barang kebutuhan pokok di Sumatera Barat rata-rata masih stabil. Hal ini berdasarkan pantauan langsung Staf Ahli Hubungan Internasional Kementerian Perdagangan, Dody Edwar didampingi Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit dan Pjs. Walikota Padang Alwis di Pasar Raya Padang, Jumat (8/6/2018).

"Kebutuhan pangan di Sumatera Barat terpantau aman. Rata-rata harga stabil, mulai dari daging sampai beras tidak mengalami kenaikan," kata Dody.
Selain di Pasar Raya Padang, pihaknya juga telah memantau langsung di Pasar Bawah Bukittinggi. Kondisinya juga bagus dengan harga yang tidak mengalami lonjakan.

"Kami dari Kementerian perdagangan akan terus memonitor harga menjelang hari H lebaran nanti," katanya.

Menurutnya, melihat ketersediaan barang kebutuhan pokok yang cukup, pihaknya tidak melihat ada indikasi penimbunan barang. Artinya, pendistribusian lancar dan Bulog berhasil mengendalikan harga.

"Saya apresiasi Bulog dapat mengendalikan harga, dan pasokan lancar sehingga tidak terindikasi ada penimbunan barang," pungkasnya,

Sementara Wagub Nasrul Abit, mengamini kondisi stabil tersebut karena memang adanya pengawasan dari pemerintah bersama Bulog.

"Harga stabil ini diharapkan terus bertahan. Kami akan selalu memantau agar masyarakat bisa berbelanja dengan rasa tenang tanpa dihantui lonjakan harga barang kebutuhan pokok," katanya.

Di kesempatan yang sama, Pjs. Walikota Padang Alwis mengatakan perubahan harga barang kebutuhan pokok rata-rata nol persen. Ini berdampak pada ketenangan masyarakat untuk berbelanja kebutuhan hari raya.

"Dengan ketersediaan barang kebutuhan pokok menjelang hari raya dengan harga stabil masyarakat terlayani dan tidak merasa kwatir terhadap kenaikan harga," kata Alwis.

Dati catatan Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID), harga barang kebutuhan pokok di Pasar Raya Padang mengalami perubahan nol persen. Tidak ada kenaikan atau penurunan harga. Diantaranya beras, Arai Pinang Pariaman (Rp.13 ribu), Cisokan Solok (Rp.13 ribu), beras jenis IR (Rp.12 ribu).

Minyak goreng juga tidak mengalami kenaikan. Minyak curah dijual Rp.11 ribu per liter dan refile Rp.14 ribu per liter. Begitu juga gula pasir dijual Rp.12 ribu per kilogram (tidak ada perubahan). (rel)

0 comments:

Posting Komentar

PRAKIRAAN CUACA

eqmap

SOLOK SELATAN

Iklan


POLDA SUMBAR

iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

Iklan

Iklan

Terkini

FACEBOOK - TWEETER

Iklan

BUMN

Iklan

REMAJA DAN PRESTASI

iklan