03 April 2017

Kapolri Jenderal Tito Dianugerahi Gelar Sutan Rajo Paga Alam

PADANG, (GemaMedianet.com) Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian dianugerahi gala (gelar)  adat Minangkabau "Sutan Rajo Paga Alam". Sedangkan istrinya Ir.Tri Suswati diberi gelar Siti Linduang Alam. Pemberian gelar adat tersebut berlangsung di Balairung adat Halaman Mapolda Sumbar, Minggu (2/4/2017) malam.

Gelar kehormatan adat Minangkabau yang berasal dari Suku Sikumbang Kamang Mudiak Kabupaten Agam tersebut diserahkan oleh Ninik Mamak kaum suku Sikumbang, Boy Lestari Datuk Palindiah, bersama dengan majelis Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM).

Pengukuhan gelar tersebut tertera dalam Surat Keputusan (SK) yang diberikan Lembaga Keapatan Adat Minangkabau (LKAM) SK/PP/05/LKAAM SB/36/2017.

Turut hadir dalam kesempatan itu Gubernur Sumbar Prof. DR. Irwan Prayitno Datuak Rajo Bandaro Basa, yang juga merupakan Penghulu Suku Tanjung Kenagarian Pauh IX Kecamatan Kuranji. Ketua DPRD Provinsi Sumbar Ir.Hendra Irwan Rahim, Ketua LKAAM Sumbar, Ketua LKAAM Kabupaten se-Sumbar, tokoh adat ninik mamak, panghulu suku Sikumbang beserta bundo kanduang.

Ketua Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau M. Sayuti Datuak Rajo Panghulu menyatakan, pemberian gelar adat untuk Kapolri sah secara adat Minangkabau. Sebab yang diberikan ialah sangsako, yakni semacam gelar kehormatan, bukan sako yang merupakan gelar kaum yang diwariskan melalui garis keturunan.

“Gelar sangsako merupakan gelar kehormatan yang diberikan kepada seseorang yang berjasa untuk Minangkabau, Agama, Bangsa dan Negara,” kata Sayuti.

Menurut Sayuti, Kapolri Tito Karnavian adalah sosok pemimpin muda yang cerdas dan memenuhi kriteria tersebut, sehingga layak untuk dianugerahi gelar Sutan Rajo Paga Alam.

Kapolri juga dinilai telah berjasa dan berbudi kepada Sumbar dengan menaikkan status Polda Sumbar, dari tipe B ke A. Tito juga dinilai berkawan dengan banyak orang Minang. “Berbudi dibalas dengan berbudi,” kata M. Sayuti.

Syafri Datuak Siriah Mahadirajo saat penyampaian gelar Sangsako Adat tersebut menyebutkan,  Kapolri Jenderal Tito Karnavian diberikan gelar Sutan Rajo Paga Alam. Sutan berarti sultan atau orang baik, Rajo berarti raja, Paga berarti pagar atau benteng, dan Alam berarti alam Indonesia.  Sedangkan isterinya bergelar Puti Linduang Alam. Puti berarti perempuan baik-baik, Linduang artinya melindungi, dan alam yang berarti alam Indonesia,” kata Syafri Datuak Siriah Mahadirajo. (em)

0 comments:

Posting Komentar

PRAKIRAAN CUACA

eqmap

SOLOK SELATAN

Iklan


POLDA SUMBAR

iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

Iklan

Iklan

Terkini

FACEBOOK - TWEETER

Iklan

BUMN

Iklan

REMAJA DAN PRESTASI

iklan