02 October 2016

Pergantian Tahun Baru Hijriah di Batusangkar Meriah

TANAH DATAR, (GMn) Peringatan tahun baru hijriah di Kabupaten Tanah Datar berlangsung meriah dan penuh nilai-nilai agamis dipadu penampilan atraksi seni dan budaya. Kegiatan ini dipusatkan di Gedung Suri Maharajo Dirajo Batusangkar, Sabtu (01/10/2016). 

Seribuan masyarakat Tanah Datar dari jajaran ASN dan majelis taklim BKMT memenuhi gedung megah kebanggaan masyarakat Tanah Datar untuk menanti detik-detik datangnya tahun baru 1438 H. Turut hadir Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Tanah Datar Ny. Emi Irdinansyah Tarmizi.

Sebelum mendengar tausiah agama yang disampaikan ustadz H. Diflaizar, jamaah tabligh akbar disuguhi penampilan Grup Rebana dan lagu-lagu religi yang menyejukkan hati yang dibawakan Dewi dan siswa SMA 1 Batusangkar. Saat tergelincir matahari sebagai penanda waktu masuk Magrib juga sekaligus masuknya tahun baru 1438 H, tabuh-tabuh dipukul secara bersama-sama oleh bupati, forkompinda dan ketua MUI dilanjutkan dengan lantuan syahdu azan magrib oleh 3 siswa Tanah Datar.

Setelah shalat magrib berjamaah, 3 qori terbaik Tanah Datar melantun ayat suci ayat Alquran secara bergantian yakni H. Alfion, S.Ag Juara I MTQ Sumbar 2007, Juara I MTQ Antar Bintang Tingkat Sumbar 2010, 2012 dan 2013, Zulhermi, S.Ag Juara II MTQ Sumbar 2003, Juara I MTQ Antar Bintang 2014 dan Rustam Juara I MTQ Sumbar 2014 dan Juara I MTQ Antar Bintang 2011 dan 2015.

Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi di kesempatan itu mengapresiasi antusiasme umat yang semakin meningkat memperingati tahun baru hijriyah. Ini ditunjukkan dengan kehadiran masyarakat dari berbagai unsur menanti datang tahun baru yang penanggalannya dihitung dari peristiwa hijrahnya Nabi Muhammad SAW dari Makkah ke Madinah.

Melalui peringatan tahun baru hijriyah ini dihimbau masyarakat Tanah Datar semakin meningkatkan semangat dan usahanya melindungi, menjaga anak-anak dan mendekatkan anak-anak kepada Alquran.

“Alquran dan nilai-nilai agama harus ditanam semenjak dini kepada anak-anak sebagai generasi penerus bangsa oleh orang tua. Ancaman yang luar biasa mengintai anak-anak yang bisa merusak masa depannya melalui penyimpangan perilaku, degradasi moral, penyalahangunaan narkoba,” pesan bupati.

Sementara Ustadz H. Diflaizar mengajak umat Islam untuk memaknai tahun baru hijriyah ini sebagai momentum perbaikan diri lebih baik. “Hijrah tidak harus dimaknai secara fisik tetapi hijrah dimaknai dengan hijrah mental,” ucap H. Diflaizar.

Dijelaskan, pengabdian Aparatur Sipil Negara kepada daerah harus lebih baik dari sebelumnya, meningkatkan pengabdiannya yang dilandasi nilai-nilai ikhlas, ikhlas berarti bersih dan mengharapkan redha Allah. Begitu juga untuk profesi lainnya termasuk peran istri di rumah tangga, Diflaizar mencontohkan pengabdian istri kepada suami, betapa besarnya pahala bagi istri yang dengan ikhlas menyediakan makan dan minum suaminya. 

“Menyediakan minum kepada suami dengan ikhlas, lebih besar pahalanya dibanding shalat sunat 100 rakaat,” kata Diflaizar.

Peringatan tahun baru hijriyah 1438 H juga dimeriahkan dengan penampilan seni budaya drama musikal, yang menceritakan kehidupan remaja yang lalai terhadap ajaran agama dibawakan dengan apik oleh siswa-siswa SMA 1 Sungayang. Dan tidak kalah bagus juga penampilan musikal karawitan yang dibawakan siswa-siswa SMA 1 Sungai Tarab. (marah/rel)

0 comments:

Post a Comment

SEMSI

SEMSI

Galeri Iklan

Statistic Views

Terkini

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN
** Group Media Sumbar **

FACEBOOK - TWEETER

Google+ Badge