Ruang Iklan Anda

17 September 2019

Ketua Bawaslu Sumbar Jadi Narasumber Dalam Acara Sosialisasi Pengawasan Pemilu 2019 di Agam


LUBUKBASUNG(GemaMedianet.comKetua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Sumatera Barat Surya Efitrimen, S.Pt. MH, menjadi narasumber dalam acara sosialisasi fasilitasi, publikasi dan dokumentasi pengawasan pemilu 2019, yang dilaksanakan oleh Bawaslu Kabupaten Agam, Senin (16/9/2019), di Ballroom Hotel Sakura Syari'ah Lubukbasung.

Dalam sambutannya, dia mengatakan bahwa Bawaslu merupakan lembaga yang dibentuk oleh undang-undang untuk mengawasi jalannya pemilu. Serta memiliki tanggungjawab di akhir tahapan pemilu 2019 untuk menjelaskan, mensosialisasikan, dan mempublikasikan berbagai kegiatan yang telah dilakukan sepanjang tahapan pemilu 2019.

"Dalam proses pemilu demokratis, kita bisa melihat dinamika yang disampaikan kepada masyarakat, baik dalam penyajian media sebagai menginformasikan dan mengedukasi proses pemilu 2019, sehingga masyarakat bisa mengetahui apa yang terjadi dalam kegiatan pemilu," jelas Surya.

Dia menambahkan, sepanjang tahapan pemilu 2019, ada beberapa macam kegiatan yang dilakukan seperti, pendaftaran peserta pemilih, pendaftaran parpol, pendaftaran caleg dan capres, persoalan tahapan pemutahiran, kampanye, masa tenang, serta rekapitulasi yang dilakukan oleh pihak terkait.

"Kita juga mensosialisasikan tentang netralitas dalam penyelenggaraan pemilu, dan partisipasi masyarakat dalam pemilu 2019 dalam pengawasan Bawaslu, serta keterlibatan stakeholder terkait, relawan pemilu yang jujur dan adil,  dengan teguh melakukan partisipasi, baik pemantauan dari masyarakat, ormas, tokoh masyarakat, serta pihak-pihak yang terlibat lainnya," ujar mantan Ketua Panwaslu Kabupaten Agam tahun 2010 itu.

Dalam pemilu, tambah Surya, peran masyarakat sangat penting dalam kegiatan itu, karena mereka juga berperan sebagai pemilih dalam penyelenggaraan pemilihan umum.

Dijelaskan Surya, sebagai sebuah lembaga yang ditugaskan oleh undang-undang, Bawaslu juga mencitrakan lembaganya kepada publik dan masyarakat, sehingga kepercayaan dari publik kepada penyelenggara bisa didapatkan.

Turut hadir dalam kegiatan sosialisasi itu, Ketua Bawaslu Agam Elvys, Anggota Bawaslu dan KPU, OPD terkait, Media, dan tamu lainnya. (Bryan)

0 komentar:

Post a Comment

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

Florikultura Indonesia 2019 dan Pedatani

Ekonomi Bisnis

IKLAN

IKLAN

Terkini

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

FACEBOOK - TWEETER