15 August 2019

HUT Pramuka ke-58, Kwaran Kecamatan IV Koto Gelar Upacara dan Lomba


AGAM(GemaMedianet.com— Dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Pramuka ke-58, Kwartir Ranting (Kwaran) Kecamatan IV Koto, Kabupaten Agam menggelar upacara dan kegiatan perlombaan, Rabu (14/8/2019).

Dalam upacara peringatan Hari Pramuka ke 58 itu, Kepala Majelis Pembimbing Ranting (Kamabiran) Gerakan Pramuka IV Koto, Rahmi Artati berindak sebagai inspektur upacara. Dengan para peserta terdiri dari Mabiran, Kepala dan Pengurus Kwaran IV Koto, Ketua Majelis Pembimbing Gugus Depan (Kamabigus) se-Kecamatan IV Koto, Forkompimcam, Majelis Guru, dan Siswa SD hingga SMA dari golongan siaga, penggalang dan penegak.

Dalam amanat sambutan dari Kwarnas, Kamabiran Gerakan Pramuka IV Koto, Rahmi Artati menyampaikan, Gerakan Pramuka merupakan tujuan untuk menanamkan nilai moral dan kepribadian seperti yang tertulis di Tri Satya dan Dasa Darma Pramuka.

"Negara Indonesia ini terdiri dari bermacam suku bangsa, ras, agama, dan golongan lain yang sangat membutuhkan nilai-nilai yang tercantum dalam Dasa Darma Pramuka dan Tri Satya. Dan hari pramuka tahun ini kita mengambil tema "Peringatan 58 tahun Gerakan Pramuka Bersama Seluruh Komponen Bangsa Siap Sedia Membangun Keutuhan NKRI," tutur Rahmi.

Kegiatan ekstrakurikuler pramuka merupakan hal terpenting bagi siswa disekolah, agar kesatuan dan persatuan NKRI tetap terjaga.

"Pramuka ini dirancang sebagai alat pendidikan bagi generasi muda untuk menjadi perekat dan pelindung keutuhan NKRI. Kita juga meningkatkan kecakapan dan keterampilan hidup, sesuai dengan tingkatan dan kebutuhan," ujar Rahmi lagi.

Sementara itu, Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Agam, Drs. Martias Wanto, MM, Dt. Maruhun menyebutkan, peringatan hari pramuka ini dilaksanakan setiap tanggal 14 Agustus. 

"Kegiatan peringatan hari pramuka di Kabupaten Agam tahun ini, jauh lebih meriah dan semarak dibanding tahun-tahun sebelumnya, karena hampir seluruh kecamatan di Kabupaten Agam turut berpartisipasi menggelar peringatan hari pramuka ini," jelas Sekretaris Daerah Agam itu.

Usai melakukan upacara, serangkaian kegiatan lomba digelar, seperti lomba PBB, dan lomba pioneering untuk tingkat SLTP. (Bryan)

0 komentar:

Post a Comment

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

Florikultura Indonesia 2019 dan Pedatani

Ekonomi Bisnis

IKLAN

IKLAN

Terkini

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

FACEBOOK - TWEETER