01 July 2019

Bupati Letakkan Batu Pertama Pembangunan Sentra IKM Tarusan Senilai Rp.32,5 Miliar


PESSEL(GemaMedianet.com— Bupati Pesisir Selatan (Pessel) H.Hendrajoni, SH, MH., melakukan peletakan batu pertama pembangunan Sentra Industri Kecil Menengah (IKM) Pengolahan Hasil Perikanan di Nagari Carocok Anau, Kecamatan Koto XI Tarusan, Senin (1/7/2019).

Pada acara itu hadir sejumlah kepala perangkat daerah di lingkup Pemkab Pessel, camat, walinagari, niniak mamak, alim ulama, tokoh masyarakat dan undangan lainnya.

Bupati menyebutkan, pembangunan sentra IKM pengolahan hasil perikanan sudah menjadi kebutuhan masyarakat. Apalagi Kecamatan Koto XI Tarusan merupakan sentra perikanan yang memerlukan industri pengolahan, sehingga hasilnya bisa meningkatkan ekonomi masyarakat.

Menurutnya, sebagai kawasan wisata bahari terpadu Mandeh, tentu segala sektor terus dikembangkan, termasuk sektor perikanan.

Ia juga menyebutkan, pembangunan sentra IKM dapat menjadi penunjang peningkatan kunjungan wisatawan. karena selain menikmati keindahan alam. wisatawan juga bisa membeli oleh-oleh dari hasil ikan olahan tersebut.

Berbagai jenis olahan makanan dalam kemasan itu seperti  naget ikan, bakso ikan, ikan presto, sosis ikan, aneka kerupuk ikan, selai rumput laut, stick ikan, pizza ikan, dan aneka kudapan ikan lainnya.

Secara keseluruhan pembangunan sentra IKM pengolahan hasil perikanan di Nagari Carocok Anau melalui Dana Alokasi Khusus  (DAK) Kementerian Perindustrian dengan biaya sebesar Rp 32,5 miliar.

Dijelaskan, pada tahun 2018 dimulai persiapan dan pembersihan lahan dan pembangunan kantor pengelola, dengan nilai Rp.1 miliar. 

Kemudian tahun 2019 ini mendapat alokasi dana Rp.14,5 miliar yang dipergunakan untuk penimbunan, pembangunan instalasi air limbah, pembanguan 3 unit ruang produksi, restoran, drainase, jaringan penerangan listrik dan sarana pendukung lannya.  

Terakhir, pembangunan akan  dilanjutkan tahun 2020 dengan biaya sebesar Rp.17 miliar yang bersumber dari APBN. (pr/don) 

0 komentar:

Post a Comment

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

Florikultura Indonesia 2019 dan Pedatani

Ekonomi Bisnis

IKLAN

IKLAN

Terkini

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

FACEBOOK - TWEETER