01 December 2018

Konjen RI Jeddah Buka Peluang Bisnis Bagi Kota Padang


JEDDAH, ARAB SAUDI (GemaMedianet.com) — Kota Padang ikut ambil bagian dalam Indonesia Expo 2018 yang diadakan Kementerian Perdagangan RI di Jeddah, Arab Saudi. Memanfaatkan kesempatan tersebut, Walikota Padang Mahyeldi juga menggelar pertemuan dengan Konsul Jenderal (Konjen) RI Jeddah, Mohamad Hery Saripudin, untuk membahas rencana Kota Padang menjalin kerjasama (sister city) dengan Kota Madinah.

Dalam pertemuan yang penuh keakraban di Kantor KJRI Jeddah, Kamis (29/11/2018), Konjen Hery sangat mengapresiasi gagasan kerjasama sister city yang disampaikan Walikota Mahyeldi. Dan, Hery menyarakankan agar kerjasama tersebut dimulai dari B to B (Business to Business), dan untuk selanjutnya dikembangan ke hubungan kerjasama G to G (Government to Government).

“Peluang bisnis di Arab Saudi ini sangat banyak, dan pengusaha kita (Indonesia) harus bisa mengambil dan memanfaatkan peluang ini”, ungkap Konjen Hery yang didampingi Konsulat Bidang Ekonomi Agus Makmur pada pertemuan dengan Walikota Padang itu.

Lebih lanjut dijelaskan, peluang bisnis yang bisa diciptakan antara Indonesia dan Arab Saudi meliputi bidang perdagangan, jasa, pariwisata dan industri. Termasuk perdagangan CPO, buah dan sayuran, sektor kelautan serta makanan.

“Dan untuk makanan rendang, saya menyarankan agar dibuat dengan cita rasa yang lebih disukai oleh lidah orang Timur Tengah atau tidak terlalu pedas,  dan produknya juga bervariasi”, ujar Konjen Hery.

Dikesempatan yang sama, Dirjen Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan RI, Arlinda, mengatakan,dipilihnya Jeddah sebagai lokasi Indonesia Expo 2018 sebagai bentuk tindaklanjut dari pertemuan Raja Salman dan Presiden RI Joko Widodo di Indonesia beberapa waktu lalu, yang membicarakan peningkatan hubungan bilateral kedua negara yang telah terjalin sangat baik selama ini.

“Melalui Indonesia Expo di Jeddah ini, diharapkan volume perdagangan dari Indonesia ke Arab Saudi akan semakin meningkat. Termasuk kunjungan wisata dan investasi di berbagai bidang. Dan, bagi daerah yang ikut ambil bagian dalam Indonesia Expo ini dapat mengambil kesempatan sebesar-besarnya untuk mempromosikan komoditi dan produk unggulan, destinasi wisata dan peluang investasi yang menarik bagi investor Arab Saudi,” terang Arlinda yang merupakan gadih Minang tersebut.

Pada pertemuan tersebut Walikota Padang Mahyeldi didampingi Kepala Dinas Perdagangan Endrizal, Kepala Dinas Pariwisata Medi Iswandi, Kepala BPKA Andri Yulika, dan Kabag Kerjasama Setda Kota Padang Erwin M. (LL/Ewn)

0 komentar:

Post a Comment

SEMSI

SEMSI

Galeri Iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

Terkini

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

FACEBOOK - TWEETER

Google+ Badge