09 October 2018

Jamilus : Semarak Muharram Perlu Dilestarikan Untuk Tumbuhkan Kecintaan Generasi Muda


PADANG, (GemaMedianet.com)—Semarak Muharran ini merupakan kegiatan yang sangat penting sekali dilestarikan dan dibudayakan di kota padang. Kegiatan ini akan menumbuhkan kecintaan generasi muda terhadap tahun baru Islam khususnya Muharram. Melihat situasi dan kondisi saat ini generasi muda kita lebih cenderung memeriahkan dan meramaikan kegiatan peringatan tahun baru masehi 1 Januari dari pada peringatan 1 Muharram.

Untuk itu tugas kita bersama bagaimana mendorong, mengajak seluruh generasi muda, khususnya umat Islam untuk melaksanakan peringatan tahun baru Islam 1 Muharram.

Hal itu dikatakan Kabag. Kesra Setda Kota Padang, Jamilus mewakili Wali Kota Padang saat membuka acara semarak Muharram Ke-VIII di Masjid Darul Hikmah Kelurahan Koto Baru Nan XX Kecamatan Lubuk Begalung Kota Padang, Minggu (7/10/2018).

Dijelaskan Jamilus, kegiatan semarak Muharram ini dalam rangka mengevaluasi kegiatan keagamaan yang dilaksanakan oleh BKS untuk anak-anak kita yang telah menuntut ilmu di TPQ-TQA yang ada di Kota Padang.

“Kami dari Pemerintah Kota Padang juga mengadakan evaluasi dan pembinaan, salah satunya yang sedang kita laksanakan adalah penilaian lembaga didikan subuh dan penilaian TPQ dan TQA dalam rangka pembinaan dan evaluasi kegiatan,”terang Jamilus.

Ditambahkan Jamilus, Pemerintah Kota Padang selalu mendukung kegiatan BKS TPQ-TQA, salah satu bentuk dukungannya adalah dengan Anggaran APBD, agar bisa membantu mensejahterakan guru-guru TPQ-TQA yang bersifat keagamaan.

Sementara itu Camat Kecamatan Lubuk Begalung, Rosail Akhyari menyampaikan Acara semarak Muharram Ke-VIII di Kecamatan Lubuk Begalung Nan XX ini dilaksanakan oleh BKS TPQ-TQA yang dipusatkan di Kelurahan Koto Baru dengan melakukan perlombaan-perlombaan.

Menurut Rosail, Tujuannya dilaksanakan perlombaan ini adalah untuk melihat kemampuan, kualitas anak-anak didik di TPQ-TQA. “Kita berharap dengan perlombaan ini akan menambah motivasi anak-anak untuk mengasah kemampuannya dalam bidang yang diperlombakan,”harap Rosail.

Ketua BKS TPQ-TQA Kecamatan Lubuk Begalung Nan XX Opriadi menjelaskan, dalam acara semarak ramadhan ini ada beberapa perlombaan yang dilaksanakan.

Perlombaan yang pertama yaitu lomba Tilawah dan Azan yang dipusatkan di Masjid Darul Hikmah, kedua Ifzil satu Juz tempatnya di Masjid Attaubah, selanjutnya Tartil di Masjid Nurul Ikhlas, dan DAI cilik tempatya di Masjid Syuhada.

“Anak-anak yang mendapat juara tanpa seleksi langsung di ikutkan lomba, mewakili Kecamatan lubuk Begalung pada acara ulang tahun BKS Kota Padang pada 12 Rabiul Awal yang akan dilaksanakan nantinya di Kecamatan Padang Utara sebagai tuan rumah,” tutur Opriadi.(nd)

0 komentar:

Post a Comment

SEMSI

SEMSI

Galeri Iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

Terkini

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

FACEBOOK - TWEETER

Google+ Badge