23 August 2018

Wawako Emzalmi Apresiasi Semangat Berkurban Warga Kota Padang


PADANG, (Gema Medianet.com) -Perayaaan Hari Raya Idul Adha 1439 H ditandai dengan gemuruh suara takbir, tahmid dan tahlil. Demikian juga di Kota Padang, umat muslim di kota ini merayakannya dengan sukacita. Ada dua ibadah besar yang dilakukan umat Islam pada hari raya tersebut yakni haji dan kurban.

“Atas nama Pemerintah Kota Padang, kita mengucapkan selamat Hari Raya Idul Adha 1439 H. Mohon maaf lahir dan bathin semoga amal ibadah yang kita laksanakan diterima oleh Allah SWT,”  ungkap Wakil Walikota Padang, H.Emzalmi dalam sambutannya saat pelaksanaan shalat Hari Raya Idul Adha 1439 H di Masjid Agung Nurul Iman Padang, Rabu (22/8/2018).

Pelaksanaan shalat Idul Adha tersebut digelar Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kota Padang. Adapun yang bertindak sebagai khatib yakni Dr. H. Syarifuddin, M.Ag (Dosen UIN Imam Bonjol Padang) dengan diimami Drs. H. Suhardi. A dari unsur Kemenag Padang.

Wawako mengatakan, ia bersyukur pada penyelenggaraan ibadah haji tahun ini khusus jamaah yang berasal dari Kota Padang cukup banyak. Dari informasi Kantor Kemenag Padang yaitu sebanyak 1.032 jamaah.

“Alhamdulillah, semoga semuanya yang pergi haji senantiasa dalam keadaan sehat wal’afiat dan lancar melaksanakan rangkaian ibadah haji di Tanah Suci. Mari kita doakan semoga menjadi haji dan hajah yang mabrur,” imbuhnya.

Selanjutnya Emzalmi pun juga mensyukuri atas tingginya antusia masyarakat Kota Padang yang ikut berkurban tahun ini. Dari data PHBI Kota Padang jumlahnya mencapai 9.071 ekor hewan kurban termasuk sapi dan kambing. Dan itu pun baru data dari masjid dan mushala, belum lagi yang akan disembelih di dinas-dinas, perkantoran dan perusahaan lainnya di Kota Padang.

"Semoga ibadah kurban yang kita lakukan dibalasi pahala berlipat ganda oleh  Allah Swt. Sebagaimana, manfaat berkurban sangatlah banyak, terutama sekali melihatkan rasa persaudaraan dan kepedulian terhadap saudara-saudara kita yang membutuhkan,” tukas Wawako menutup sambutannya.

Sementara itu, Dr.H. Syafruddin, M.Ag dalam khutbahnya menyampaikan beberapa pesan penting guna memaknai Hari Raya Idul Adha bagi umat muslim. Sebagaimana hari ini adalah hari yang istimewa, dimana Allah Swt menamakannya  hari raya haji atau hari raya kurban.

Ia pun mengulas peristiwa sejarah yang agung melibatkan dua orang rasul Allah Swt yakni Nabi Ibrahim dengan anaknya Nabi Ismail yang ikhlas melaksanakan perintah Swt. Ketika menginjak usia remaja Nabi Ismail mengikhlaskan dirinya disembelih ayahnya sendiri atas perintah Allah SWT. Padahal Nabi Ismail sendiri merupakan putra kesayangan semata wayang Nabi Ibrahim yang telah ditunggukan sekian tahun lamanya.

“Namun tetapi, kecintaannya kepada Allah Swt ternyata jauh lebih besar melebihi cintanya terhadap apapun yang dimiliki termasuk anaknya sendiri,” sebut Syafruddin menceritakan.

Ditambahkan, oleh karena itu berkurban mempunyai makna yang mulia, bilamana makna essensi (hakikat) berkurban ditangkap secara baik. “Jadi, berkurban bukanlah sekedar ritual tetapi memiliki arti penting bagaimana kita sebagai hamba Allah SWT yang selalu menaati perintahnya,” imbuhnya.

Syafruddin menjelaskan kesimpulan isi khutbahnya. Yaitu bahwa manusia tidak dibenarkan mengurbankan manusia lainnya untuk sesuatu kepentingan. Selanjutnya seseorang dituntut berkurban baik harta, jabatan dan kedudukan bahkan jiwa sekalipun. Lalu nilai pengorbanan tidak dilihat dari kuantitas tetapi dari niat dan kualitas ketulusan dan keikhlasan.

“Sementara itu berkurban juga upaya untuk menyembelih serta membunuh watak tabiat hewaniyah manusia seperti mau menang sendiri, tamak dan rakus serta bakhil, gila kekuasaan, sombong, memiliki penyakit hati dan segala sifat yang takterpuji. Terutama sekali meningkatkan rasa berkurban terhadap sesama sehingga saling menjaga persaudaraan,” tukasnya sembari menutup khutbah.

Dalam pelaksanaan shalat Idul Adha di Masjid Agung Nurul Iman tersebut diikuti ribuan jamaah. Juga hadir Kepala Kantor Kemenag Padang Marjanis, Pj. Sekdako Padang Didi Aryadi, para pimpinan OPD di lingkup Pemko Padang dan lainnya. (David /Im)

0 komentar:

Post a Comment

SEMSI

SEMSI

Galeri Iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

Terkini

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

FACEBOOK - TWEETER

Google+ Badge