29 August 2018

Jadi Keluarga Sakinah Mawaddah Warahmah, Calon Pengantin Diberi Bimbingan Pranikah


PADANG, (GemaMedianet.com) - Dalam rangka mewujudkan ketahanan keluarga di Kota Padang, Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Padang melaksanakan Bimbingan Perkawinan Pranikah bagi Calon Pengantin Angkatan V di Aula Saili Tamin Kantor Kemenag Kota Padang, Selasa (28/8/2018).

Program Bimbingan itu sejalan dengan program Direktif Kementerian Agama RI Belajar Rahasia Nikah (BERKAH) yang berusaha mewujudkan keluarga Sakinah Mawadah Warahmah. Ikut memberikan Materi Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenag Sumbar, H. Hendri. S.Ag, M.Pd.

Ia juga menyampaikan, bahwa nikah secara bahasa artinya mengumpulkan. Menurutnya, pernikahan harus memiliki unsur ikatan lahir bathin, membentuk rumah tangga bahagia, rumah tangga yang kekal dan berdasarkan ketuhanan yang maha esa.

"Untuk mewujudkan tersebut, rahasianya adalah tujuan menikah harus dengan niat semata-mata lillahi ta'ala yang berlandaskan agama," sebut Hendri.

Sementara Kakan Kemenag Kota Padang, H. Marjanis dalam arahannya menyampaikan bahwa bimbingan perkawinan adalah tanggung jawab bersama. Keluarga adalah pondasi negara, keberhasilan suatu negara tergantung keberhasilan ketahanan keluarga.

Baca Juga : Antisipasi Angka Perceraian dan Kenakalan Remaja 

"Melalui kegiatan bimbingan perkawinan calon pengantin atau belajar rahasia nikah ini, tertopang harapan walikota dan seluruh Forkopimda agar terwujudnya ketahanan keluarga di Kota Padang," terangnya lagi.

Marjanis pun mensyukuri kegiatan ini direspon positif oleh Walikota Padang. Karena mendukung program Kota Padang dalam mewujudkan ketahanan keluarga di Kota Padang.

Ketua Panitia Pelaksana kegiatan, M. Sarkoni menyebutkan, kegiatan ini diselenggarakan sesuai petunjuk teknis dengan melibatkan narasumber dari Kakanwil Kemenag Sumbar, Kakan Kemenag Kota Padang, unsur Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan, Badan Penasihat dan Penyelesaian Perkawinan (BP4) dan BPM-KB.

Kegiatan dilaksanakan selama 2 hari, mulai tanggal 28 -  29 Agustus 2018 dengan diikuti oleh 25 pasang calon pengantin yang sudah mendaftar di Kantor Urusan Agama (KUA) se kota Padang. (rel/ vid)

0 komentar:

Post a Comment

SEMSI

SEMSI

Galeri Iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

Terkini

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

FACEBOOK - TWEETER

Google+ Badge